Jakarta, 27 Oktober 2015 (Antara/PRNewswire) -- Perguruan tinggi sebagai penyelenggara pendidikan tinggi telah berkiprah dalam memberikan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan lulusan berkualitas serta memiliki ilmu, keterampilan, dan keahlian. Pembangunan pendidikan merupakan salah satu prioritas utama dalam agenda pembangunan nasional, karena perannya yang signifikan dalam mencapai kemajuan di berbagai bidang kehidupan: sosial, ekonomi, politik, dan budaya. Penerimaan mahasiswa baru (input), merupakan tahap awal yang sangat penting dalam pembangunan pendidikan tinggi yang berkualitas, bermuara pada peningkatan mutu sumber daya manusia di Indonesia dan mampu bersaing di era global.

Rektor Universitas Esa Unggul Arief Kusuma menjelaskan, era global ditandai dengan pertumbuhan dan perkembangan industri, kompetisi yang ofensif dalam semua aspek kehidupan ekonomi, serta perubahan kebutuhan yang cepat didorong oleh kemajuan ICT. Untuk itu diperlukan SDM yang berkualitas. Peningkatan taraf pendidikan merupakan salah satu kunci utama mencapai tujuan negara yakni bukan saja mencerdaskan kehidupan bangsa, tetapi juga menciptakan kesejahteraan umum dan melaksanakan ketertiban dunia.




"Pendidikan mempunyai peranan penting dan strategis dalam pembangunan bangsa serta memberi kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan transformasi sosial. Melalui pendidikan akan menciptakan masyarakat terpelajar yang menjadi prasyarat terbentuknya masyarakat yang maju, mandiri dan sejahtera," jelas Arief Kusuma.




Proses pembelajaran yang berkualitas dengan keluaran yang terukur dan relevan dengan kebutuhan masyarakat merupakan faktor penting untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan kompetitif. Kualitas ini tidak dapat hanya dari capaian nilai dan persentase keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran. Sistem penjaminan mutu merupakan aspek-aspek penting yang perlu diperhatikan untuk mendorong penguatan proses pembelajaran akademis di perguruan tinggi.





Salah satu aspek penting dari kualitas Perguruan Tinggi ditandai dengan nilai akreditasi yang merupakan hasil penilaian Badan Akreditasi Nasional terhadap kualitas pendidikan dan pengajaran pada suatu program studi di perguruan tinggi. Terakreditasi A adalah penilaian tertinggi.




"Untuk mencapai nilai akreditasi yang baik diperlukan komitmen bersama seluruh civitas akademika dalam pengelolaan universitas dalam bidang kemahasiswaan, kurikulum, sarana prasana, proses pembelajaran, dosen pengajar, mutu lulusan, dan tri dharma perguruan tinggi," kata Arief Kusuma. Selain itu, sistem penjaminan mutu universitas merupakan aspek yang sangat penting. "UEU telah berhasil memperoleh International Organization for Standardization (ISO) yaitu ISO 9001:2008 / IWA-2," lanjutnya.




Ada 6 (enam) Program Studi di Universitas Esa Unggul, Jakarta yang berhasil memeroleh Akreditasi A, yakni: Manajemen, Akuntansi, Teknik Informatika, Rekam Medis, Ilmu Komunikasi, dan Desain Produk. Sedangkan, program studi lainnya memiliki akreditasi B. Oleh karena itu, jelas dalam memilih perguruan tinggi para calon mahasiswa perlu mengetahui kampus yang memiliki kredibilitas baik, Universitas Esa Unggul, Jakarta bisa menjadi pilihan untuk melanjutkan pendidikan tinggi. (Selengkapnya klik www.esaunggul.ac.id)




Universitas Esa Unggul dikenal bukan hanya menghasilkan pemikir cerdas dan kritis, namun juga menghasilkan lulusan yang inovatif dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan. Universitas Esa Unggul mengembangkan dan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak baik institusi nasional maupun internasional dengan universitas dan program studi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, kurikulum, dan mutu lulusan, sehingga memiliki keterampilan dan kompetensi terbaik sesuai dengan bidangnya. Universitas Esa Unggul juga membuka peluang besar dalam pemberian beasiswa kepada siswa yang berprestasi dari seluruh Indonesia.





Universitas Esa Unggul
Elistia




elistia@esaunggul.ac.id
Jalan Arjuna Utara No. 09, Kebon Jeruk




Jakarta Barat, Indonesia 11510
Website: http://www.esaunggul.ac.id  
62215674223




Related Links
http://www.esaunggul.ac.id




SOURCE Esa Unggul University

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2015