Kairo (ANTARA News) - Presiden Mesir, Abdel Fatah Al Sisi, Selasa (27/10), bertolak ke luar negeri dalam kunjungan tiga negara mencakup India, Uni Arab Emirat dan Oman.

"Mesir dan India menjalin kerja sama strategis terutama di sektor ekonomi dan perdagangan," kata Juru Bicara Kepresidenan Mesir, Alaa Youssef, menjelang keberangkatan  Al Sisi.

Dalam kunjungan tersebut, Al Sisi mengawali lawatan ke Uni Arab Emirat, kemudian berlanjut ke India, dan terakhir ke Oman, katanya.

Di India, Al Sisi menghadiri KTT India-Afrika, yang dihadiri 53 kepala negara/kepala pemerintahan dari negara-negara Benua Hitam itu.

KTT India-Afrika digelar selama empat hari di New Delhi, bertema Reinvigorated Partnership and Shared Vision (Menyegarkan Kembali Kemitraan dan Berbagi Visi).

KTT yang berlangsung pada 26-29 Oktober 2015 itu diawali dengan pertemuan tingkat pejabat senior (SOM), tingkat tenaga ahli, pertemuan tingkat menteri luar negeri dan diakhir pertemuan puncak kepala negara/kepala pemerintahan.

Ini merupakan KTT India-Afrika ketiga yang dituanrumahi negeri berpenduduk terbesar kedua di dunia setelah China itu.

Disebutkan, agenda KTT, antara lain membahas penguatan kerja sama ekonomi, perdagangan, saling memberi dukungan politik di fora internasional, pendidikan dan sosial budaya.

Menurut Youssef, di sela KTT India-Afrika, Al Sisi dijadwalkan akan bertemu dengan Perdana Menteri India, Narendra Modi.

Bulan lalu, Al Sisi dan Modi melakukan pembicaraan bilateral di sela Sidang Majelis Umum ke-70 PBB di New York.

Selain itu, Al Sisi juga secara khusus akan bertemu dengan investor India untuk mengajak berinvestasi di Negeri Piramida.

Pewarta: Munawar S Makyanie
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015