Madrid (ANTARA News) - Sosok terkini yang terseret skandal transfer Neymar pada 2013 dari Santos ke Barcelona adalah ibu megabintang asal Brazil itu, yang menghadapi dakwaan-dakwaan penipuan, kata sumber-sumber peradilan pada Selasa.

Pada Juni, Pengadilan Nasional Spanyol melayangkan gugatan dugaan "korupsi dan penipuan" oleh Neymar, ayahnya, dan bekas klub sang pemain, Santos.

Kini pengadilan Madrid yang sama mengungkapkan bahwa pihaknya juga akan memeriksa Nadine Goncalves da Silva Santos, ibu sang pemain, yang memegang 50 persen saham di perusahaan yang mengelola urusan-urusan putranya itu.

Kasus ini diangkat oleh perusahaan dana investasi Brazil, DIS, yang memiliki bagian pada hak-hak transfer untuk sang pemain ketika ia masih di Santos.

Mereka mengklaim bahwa pihaknya dicurangi pada kesepakatan transfer, yang awalnya disebut oleh Barcelona dan Santos bernilai 57 juta euro, namun otoritas-otoritas Spanyol mengatakan Barca setidaknya mengeluarkan dana 83,3 juta euro untuk mendatangkan sang pemain.

DIS meyakini kesepakatan antara Neymar dan Barcelona membuat dana sebesar 40 juta euro dibayarkan kepada perusahaan manajemen sang pemain, untuk menghentikan klub-klub lain menawarnya.

Pengadilan Spanyol menyatakan bahwa sejumlah klub papan atas Eropa, termasuk Real Madrid dan Manchester City, telah menyatakan ketertarikan terhadap sang pemain.

Mantan presiden Barcelona Sandro Rosell terpaksa mengundurkan diri saat kasus ini merebak.

Sementara itu Neymar membantu Barcelona menjuarai Liga Spanyol, Piala Raja, dan Liga Champions musim lalu.

N and N juga diincar otoritas pajak Brazil, dan pengadilan Brazil pada bulan lalu membekukan set-set senilai 47 juta euro milik sang pemain, demikian AFP.

(H-RF)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015