Washington (ANTARA News) - Federal Reserve atau bank sentral AS mempertahankan suku bunga utamanya mendekati nol tidak berubah pada Rabu, tetapi mengatakan ekonomi AS tumbuh moderat didukung belanja konsumen dan investasi bisnis yang "solid".

Dalam pernyataan kebijakan yang sedikit lebih positif daripada di September, The Fed juga menurunkan referensi untuk ekonomi global yang lambat merupakan ancaman bagi aktivitas AS, lapor AFP.

The Fed mengatakan masih mengawasi perkembangan ekonomi dan keuangan global, dan juga mencatat pelambatan baru-baru ini dalam penciptaan lapangan kerja serta inflasi masih jatuh.

Tetapi The Fed tetap berkeyakinan bahwa pasar tenaga kerja AS membaik dan inflasi akan bergerak naik menuju target 2,0 persen dalam jangka menengah "karena pasar tenaga kerja membaik lebih lanjut dan efek sementara dari penurunan harga energi dan impor menghilang."

Pernyataan kebijakan tampak meningkatkan kemungkinan bahwa Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) bisa memulai serangkaian kenaikan suku bunga pada awal Desember, setelah mempertahankan suku bunga The Fed di level nol sejak akhir 2008.

Sebelum pernyataan, yang datang pada akhir pertemuan kebijakan dua hari FOMC, banyak analis dan pelaku pasar memperkirakan sampai Maret untuk kenaikan suku bunganya yang pertama dalam hampir satu dekade terakhir.
(Uu.A026)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015