Los Angeles (ANTARA News) - Dalam lima tahun terakhir Bradley Cooper telah berperan sebagai pria tampan, polisi keriting tahun 1970an, penembak jitu dan rakun nakal.

Tapi peran sebagai koki yang memburu bintang Michelin dalam "Burnt" benar-benar membuat aktor itu bersemangat.

"Saya punya latar belakang sebagai juru masak, dan saya pikir saya tahu dunia itu, tapi melakukannya sampai ke tingkat chef membuat saya takut, dan kalau sesuatu membuatmu takut, biasanya itu tanda bahwa kau harus melakukannya," kata Cooper kepada kantor berita Reuters.

Dalam "Burnt", yang mulai tayang di Amerika Serikat pada Jumat, Cooper berperan sebagai Adam Jones, jenius kuliner yang tersesat dalam kesuksesannya.

Dia mendapat kesempatan untuk membebaskan diri dari masa lalu yang bertalian dengan obat-obat terlarang dan mendapatkan bintang Michelin ketiganya di restoran miliknya sendiri di London.

Cooper, yang lancar berbahasa Prancis dan menampilkannya di film, mempersiapkan diri untuk berperan sebagai koki dengan menghabiskan waktu bersama para koki top seperti Marco Pierre White, Gordon Ramsey dan Clare Smyth.

Dia mengaku belajar seni menata makanan dan menyadari bahwa "koki adalah dirigen" di dapur.

Upaya koki untuk mendapat tiga bintang Michelin tidak seperti aktor yang berusaha mendapatkan Oscar menurut Cooper, yang telah masuk empat nominasi penerima penghargaan dalam tiga tahun dan disebut-sebut bisa mendapatkannya dengan peran ini.

"Bintang Michelin sebenarnya punya lebih banyak pengaruh ketimbang Oscar," kata Cooper.

"Panduan Michelin akan membuat restoran tenggelam atau berenang, mereka hidup dan mati dengan bintang ini."

Tak seperti Adam Jones yang terkenal pada usia muda, Cooper harus menunggu sampai pertengahan 30an tahun untuk tenar pada 2009 lewat waralaba "The Hangover".

Dia dinobatkan sebagai Pria Terseksi 2011 oleh People dan dijagokan mendapat Oscar untuk perannya di film "Silver Linings Playbook," "American Hustle" dan "American Sniper."

Pada usia 40 tahun, Cooper mulai berayun. Dia memproduksi serial  "Limitless" CBS berdasarkan filmnya tahun 2011 dan suatu hari ingin menyutradarai.

"Dia membawa perhatian ke detail dan persiapan dan intelijen dalam segala hal yang dia lakukan," kata sutradara "Burnt", John Wells, seperti dilansir kantor berita Reuters.


Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015