Saat ini memang baru tujuh. Saya berharap ada delapan sampai sembilan lagi yang bisa lolos agar peluang untuk mendapatkan medali lebih terbuka,"
Jakarta (ANTARA News) - Kontingen angkat besi Indonesia bertekad menambah kuota atlet yang lolos ke Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil dengan turun di Kejuaraan Dunia di Houston, Amerika Serikat, 20-29 November.

Manajer tim angkat besi Indonesia, Alamsyah Yunus di Jakarta, Kamis mengatakan, demi menambah kuota dikejuaraan paling bergengsi ini semua atlet yang akan turun dikejuaraan dunia akan menjalani pelatihan yang cukup lama di Tiongkok.

"Selama ini kita akan menjalin kerjasama dengan mereka (Tiongkok). Makanya, sebelum ke Houston semua atlet akan mendapatkan materi tambahan dari pelatih Tiongkok," katanya di sela pelepasan kontingen angkat besi Indonesia.

Menurut dia, persaingan pada kejuaraan dunia di Houston dipastikan akan ketat karena semua negara peserta ingin berlomba-lomba untuk menambah kuota. Saat ini Indonesia bermodalkan tujuh atlet yang sudah lolos ke olimpiade.

Jumlah atlet Indonesia yang lolos olimpiade terdiri dari lima atlet putra yang diantaranya Eko Yuli Irawan, Triyanto dan Hasbi. Sedangkan dua sisanya adalah atlet putri. Dengan turun dikejuaraan dunia, peluang untuk menambahk kuota cukup terbuka.

"Peluang ada di putra. Tapi kami akan berusaha untuk mengejar kuota untuk putri. Makanya kami akan memaksimal pelatihan di Tiongkok sebelum berangkat ke Houston," katanya menegaskan.

Cabang olahraga angkat besi merupakan salah satu lumbung Indonesia untuk meraih medali selain cabang bulu tangkis. Selain itu, angkat besi juga sukses menjadi yang terbaik pada beberapa kejuaraan internasional.

Sementara itu, Ketua Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi dan Berat Seluruh Indonesia (PB PABBSI) Roslan Perkasa Roeslani berharap atlet yang dikirimkan ke kejuaraan dunia mampu memberikan yang terbaik dan diharapkan bisa menambah kuota untuk turun di Olimpiade Brasil.

"Saat ini memang baru tujuh. Saya berharap ada delapan sampai sembilan lagi yang bisa lolos agar peluang untuk mendapatkan medali lebih terbuka," katanya.

Pengganti Adang Daradjatun itu berharap para atlet yang diturunkan terus bersinar. Hal ini diharapkan mampu menambah motivasi bagi atlet muda yang kedepannya akan menggantikan posisi atlet senior yang selama ini menjadi tulang punggung bangsa dan negara.

Pewarta: Bayu K
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015