Jakarta (ANTARA News) - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) mengeluarkan surat resmi mengenai otorisasi dan rekomendasi terkait penyelenggaraan Piala Jenderal Sudirman.

Menurut siaran pers dari situs resmi PSSI yang dikutip di Jakarta, Sabtu, surat bernomor 995/UDN/618/X-2015 yang ditandatangani oleh Ketua Umum PSSI La Nyalla Mattalitti tersebut sudah dikirimkan kepada Ketua Panitia Penyelenggara Piala Jenderal Sudirman, Letnan Jenderal TNI Agus Sutomo.

Sekjen PSSI Azwan Karim mengatakan surat tersebut telah menunjukkan bahwa PSSI resmi bersedia membantu pelaksanaan turnamen yang dimulai 14 November itu.

"Selain menyediakan perangkat pertandingan, PSSI juga menunjuk PT Liga Indonesia agar terlibat dalam penyelenggaraan turnamen ini Piala Jenderal Sudirman ini sebagai technical advisor," kata Azwan.

Dalam surat yang diberikan oleh PSSI kepada panitia Piala Jenderal Sudirman tersebut tertulis bahwa PSSI memberikan otorisasi terhadap kegiatan turnamen untuk dapat diikuti klub-klub anggota PSSI.

PSSI, induk organisasi sepak bola Indonesia yang tengah dibekukan oleh pemerintah tersebut, juga menugaskan perangkat pertandingan demi terjaganya kualitas turnamen.

Kejuaraan sepak bola Piala Jenderal Sudirman, yang diadakan untuk merayakan HUT ke-70 TNI, akan dilaksanakan di tiga kota yaitu Gianyar (Bali), Malang dan Surabaya. Turnamen tersebut rencananya digelar mulai 14 November 2015 hingga 24 Januari 2016.

Turnamen tersebut akan diikuti oleh 14 klub ditambah satu klub Persatuan Sepak Bola (PS) TNI sebagai bintang tamu. Rangkaian kegiatan turnamen Jenderal Sudirman Cup ini dimulai pada 10 November di Surabaya, tepatnya di Kodam V Brawijaya.

Pemenang juara pertama akan mendapatkan hadiah sebesar Rp2,5 miliar, juara kedua mendapatkan Rp1,5 miliar, sementara juara keempat dan kelima mendapatkan Rp500 juta.

Pewarta: Calvinantya Basuki
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015