Jakarta (ANTARA News) - Kepala Divisi Humas Kepolisian Indonesia, Inspektur Jenderal Polisi Anton Charliyan, mengatakan, penerbitan Surat Edaran (SE) Kepala Kepolisian Indonesia tentang penanganan ujaran kebencian atau hate speech, bukan bertujuan untuk membungkam kebebasan berpendapat.

"Ini (penerbitan SE) bukan untuk membungkam kebebasan berpendapat," kata dia, di Jakarta, Senin.

Penerbitan SE ini, kata dia, dilatarbelakangi beberapa kasus di Tanah Air beberapa waktu lalu yang terjadi karena ujaran kebencian berbau SARA yang dihembuskan pihak yang menginginkan perpecahan bangsa.

"Dua kasus paling baru, kasus Tolikara, mereka (masyarakat) berkumpul via dunia maya. Kasus Singkil, ada provokasi bakar gereja lewat dunia maya. Jangan sampai (kecanggihan) elektronik dijadikan alat," katanya.

Adanya SE, kata dia, hanya mengingatkan semua pihak agar berbicara, mengeluarkan pendapat di muka umum atau di dunia maya dan berorasi dengan lebih hati-hati.

"Mulutmu harimaumu. Jangan sembarangan berbicara. Sebagai bangsa yang santun, cerminkan budaya kata dan bahasa yang baik," ujarnya.

Surat Edaran Kepala Kepolisian Indonesia Nomor SE/6/X/2015 tertanggal 8 Oktober 2015 tentang Penanganan Ujaran Kebencian diberlakukan. 

Dalam SE itu disebutkan ujaran kebencian dapat berupa penghinaan, pencemaran nama baik, penistaan, perbuatan tidak menyenangkan, provokasi, penghasutan dan menyebarkan berita bohong dengan tujuan terjadi tindak diskriminasi, kekerasan, penghilangan nyawa, dan konflik sosial.

Selain itu SE ini juga menjelaskan ujaran kebencian bertujuan menghasut dan menyulut kebencian terhadap individu dan atau kelompok masyarakat dalam berbagai komunitas suku, agama, aliran kepercayaan, ras, antargolongan, warna kulit, etnis, gender, kaum difabel dan orientasi seksual.

SE juga mengatur prosedur polisi dalam menangani kasus yang didasari oleh ujaran kebencian.

Pewarta: Anita Dewi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015