Jakarta (ANTARA News) - Lembaga Klimatologi Politik (LKP) menyatakan kinerja birokrasi pelayanan publik selama satu tahun pemerintahan Jokowi-JK membaik.

Hal ini merupakan hasil survei nasional yang dilakukan LKP terhadap 784 responden via telepon pada 24-29 Oktober 2015 di seluruh Indonesia.

"Berdasarkan temuan LKP, mayoritas responden atau 44,3 persen mempersepsikan birokrasi pelayanan publik semakin baik setelah satu tahun pemerintahan Jokowi-JK, sebanyak 42,8 persen mempersepsikan sama saja dan 10,5 persen menyatakan semakin buruk," kata CEO LKP Usman Rachman dalam pemaparan hasil survei di Jakarta, Selasa.

Usman menyatakan tingkat ketidakpuasan publik terhadap birokrasi pelayanan publik menurun dibandingkan sebelumnya.

"Membaiknya kinerja birokrasi pelayanan publik di mata masyarakat tidak lepas dari berbagai program Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang dipimpin Menteri PAN-RB dan menteri lain," kata Usman.

Dia mengatakan dari hasil kajian LKP, responden menunjuk sedikitnya tujuh menteri Kabinet Kerja yang dianggap memiliki kinerja terbaik, antara lain, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Mendikbud Anies Baswedan, Mensos Khofifah Indar Parawangsa, Menko Kemaritiman Rizal Ramli, Menpan-RB Yuddy Chrisnandi , Menhub Ignasius Jonan serta Mendagri Tjahjo Kumolo.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015