Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meminta kepada PD Pasar Jaya agar memperbaiki seluruh toilet umum yang ada di pasar-pasar tradisional di wilayah ibukota.

"Karena selama ini toilet yang ada di pasar itu terkesan bau, kotor dan kumuh. Saya ingin agar toilet-toilet itu dibersihkan, diperbaiki, sehingga tidak kalah sama toilet yang ada di mal," kata Basuki saat membuka Rapat Kerja PD Pasar Jaya 2015 di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa.

Menurut dia, bukan tidak mungkin pasar-pasar tradisional di Jakarta dijadikan sebagai tempat tujuan wisata, mengingat program revitalisasi pasar tradisional yang terus digalakkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI.

"Maka dari itu, saya ingin semua toilet umum yang ada di pasar tradisional sudah bersih mulai 2016 mendatang. Jadi, tidak boleh ada lagi toilet jorok, kotor, bau dan kumuh," ujar Basuki.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PD Pasar Jaya Luthfi Rachman mengaku siap menjalankan instruksi dari Gubernur DKI untuk segera memperbaiki seluruh toilet umum di pasar tradisional.

"Tentu saja kami siap menjalankan instruksi itu. Selain diperbaiki, nantinya toilet umum yang ada di pasar-pasar tradisional juga akan kami jaga dengan baik supaya tetap bersih," tutur Luthfi.

Meskipun demikian, pihaknya tetap mengimbau kepada masyarakat, terutama para pengunjung pasar tradisional agar selalu menjaga kebersihan di area pasar, tidak terkecuali di toilet umum.

"Kami minta kepada seluruh pengunjung pasar, baik itu pembeli maupun pedagang supaya selalu menjaga kebersihan. Dengan begitu, area pasar akan terus bersih, termasuk toiletnya," ungkap Luthfi.

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015