Kami mampu mewujudkan diri sebagai tim yang kompak dalam beberapa pekan belakangan ini. Kami percaya penuh bakal meraih (kemenangan) dalam pertandingan besok
Muenchen (ANTARA News) - Arsenal bertandang ke Bayern Muenchen untuk melafalkan kredo berjudul "atas nama heroisme" manakala menantang juara Liga Champions musim lalu. Semuanya dibakar oleh bara perjuangan demi meraih kemenangan dengan kesungguhan dan keberanian, bukan justru mengemis-ngemis dengan meminta belas kasihan.

Harga diri adalah segalanya ketika dua tim saling bersepakat untuk berduel di lapangan. Tidak ada basa-basi, tidak ada tebar pesona, karena kemenangan adalah mata uang yang berlaku bagi mereka yang memahami dan menerapkan ayat-ayat heroisme.

Ya, Arsenal siap meladeni Bayern Muenchen dalam laga Liga Champions yang digelar di Stadion Alianz Arena, pada Rabu waktu setempat, atau Kamis dini hari, pukul 02.45 WIB. Pertandingan itu akan ditayangkan secara langsung oleh RCTI.

The Gunners mengalahkan pasukan FC Hollywood asuhan pelatih Pep Guardiola dengan skor 2-0 dalam laga yang digelar di Emirates Stadium di grup F Liga Champions. Arsenal meraih tiga poin dari kemenangan itu, dan kini mereka berusaha mengalahkan tim tuan rumah agar memperkokoh posisi di klasemen Liga Champions.

Arsenal bukan tanpa celah kesulitan. Di awal musim kompetisi Premier League, Mesut Oezil dan kawan-kawan mengukir capaian gemilang dengan meraih lima kemenangan dari lima laga di awal kompetisi domestik, dengan mencetak 16 gol. Sebaliknya, Bayern Muenchen baru saja ditahan imbang 0-0 di Eintracht Frankfurt pada pekan lalu.

Arsenal relatif meraih sederet sukses di Bayern beberapa tahun belakangan ini, dengan meraih 14 kali imbang pada 2013, dan 13 kali kemenangan di tahun 2012.

Hanya saja, bek Arsenal Per Mertesacker menyatakan The Gunners akan menghadapi Bayern Muenchen yang kini "sedang terluka" di Liga Champions. "Kami benar-benar tim yang pertama yang menantang mereka dan mampu mengalahkan mereka dengan (skor 2-0)."

"Mereka akan berusaha berjuang sekuat tenaga dan sekuat kemampuan untuk mengalahkan kami," katanya.

Sementara itu, kapten Bayern Muenchen Philipp Lahm dengan penuh kepercayaan diri mengatakan, "Kami berada di puncak klasemen Bundesliga dan bertengger di puncak klasemen grup Liga Champions. Anda  tidak akan menghalau kenyataan itu."

Komentar dua pelatih:

* Josep Guardiola (Bayern Muenchen):

"Kedua tim sama-sama menduduki posisi papan atas di kancah Eropa. Ini pertandingan anyar setelah kami menelan kekalahan di London. Kami ingin meraih kemenangan di hadapan para pendukung sendiri. Kami punya kesempatan selama 90 menit untuk lolos kualifikasi ke babak selanjutnya."

"Arsenal mengandalkan penguasaan bola dan melancarkan serangan bertubi-tubi. Silakan melihat sendiri seluruh pemain mereka ketika beraksi di lapangan. Mereka mampu menerapkan penguasaan bola dan bukan tidak mungkin coba melepas umpan-umpan panjang kepada (Olivier) Giroud."

"Kami terus berusaha membenahi lini pertahanan. Kami ingin tampil terus menekan mereka dengan begitu mereka perlu juga memperkuat lini pertahanan. Saya selalu mengatakan kepada tim asuhan saya agar sedapat mungkin menyerang dan membuka sebanyak mungkin peluang mencetak gol."

* Arsène Wenger (Arsenal):
"Kami berusaha tampil semaksimal mungkin. Kami ingin tampil sebaik ketika di laga pertama (di Emirates Stadium). Kami ingin meraih hasil positif lagi. Kami terus berusaha berkembang sebagai tim."

"Kami mampu mewujudkan diri sebagai tim yang kompak dalam beberapa pekan belakangan ini. Kami percaya penuh bakal meraih (kemenangan) dalam pertandingan besok. Besok merupakan kesempatan baik untuk menunjukkan bahwa kami telah berkembang pesat sebagai tim."  

Prakiraan susunan pemain:

* Bayern Muenchen (4-1-4-1):

 Neuer (penjaga gawang); Lahm, Martínez, Boateng, Alaba; Alonso; Robben, Thiago, Douglas Costa; Müller, Lewandowski.
Pemain absen: Goetze (cedera pangkal paha), Ribéry (cedera engkel), Rode (cedera lutut)
Diragukan tampil: Badstuber (cedera lutut), Bernat (cedera pangkal paha)

* Arsenal (4-2-3-1):
Čech (penjaga gawang); Debuchy, Mertesacker, Koscielny, Monreal; Coquelin, Cazorla; Campbell, Oezil, Sánchez; Giroud.
Pemain absen: Walcott (cedera betis), Oxlade-Chamberlain (cedera hamstring), Arteta (cedera engkel), Ramsey (cedera hamstring), Ospina (cedera bahu), Wilshere (cedera bahu), Rosický (cedera lutut), Welbeck (cedera lutut), Bellerín (cedera betis)

Data dan fakta:  (Opta Facts):

* Bayern Muechen meraih tujuh kemenangan terakhir di laha kandang di ajang Liga Champions, dengan mengoleksi lima clean sheets dan kebobolan tiga gol.
* Bayern meraih 16 kemenangan dari 17 laga kandang di babak penyisihan kompetisi, dan hanya sekali menelan kekalahan melawan tim asal inggris (Manchester City, Desember 2013).
* Arsenal hanya sekali menelan kekalahan dari tujuh laga tandang menghadapi tim asal Jerman di ajang Liga Champions (tiga kali menang, tiga kali imbang).      
* Tiga dari lima gol di ajang laga kandang bagi kubu Bayern Muenchen di kompetisi ini merupakan assist yang dikirim oleh Thiago Alcantara.
* The Gunners mencetak tiga gol dalam 15 menit pertama selama berkompetisi di Liga Champions.  
* Mesut Oezil telah mencetak dua gol ketika melawan Bayern Muenchen di Liga Champions.
* Klub asal London utara ini kebobolan tiga kali dari hasil sepak sudut. Kompetisi ini bakal berlangsung sengit.   
    
Peringkat pemain top kedua tim (Whoscored.com):
 
* Ratings:

Bayern Muenchen:

T. Alcántara (8,84)
D. Costa (    8,32)
R. Lewandowski (7,59)
    
Arsenal:
A. Sánchez (8,26)
T. Walcott (7,32)
S. Cazorla (7,3)

* Goals:

Bayern Muenchen:
R. Lewandowski (3)
M. Götze     (2)
T. Müller     (2)
    
Arsenal:
T. Walcott (2)
O. Giroud (1)
M. Oezil (1)

* Assists:

Bayern Muenchen:

T. Alcántara (3)
K. Coman (2)
D. Costa     (1)

Arsenal:    
A. Sánchez (2)
T. Walcott (1)
S. Cazorla (1)
 
Lima laga terakhir:
(W:menang; L:kalahl D:imbang)

* Bayern Muenchen: D W W L W


30/10/15 Eintracht Frankfurt 0 - 0 Bayern Muenchen
27/10/15 Wolfsburg 1 - 3 Bayern Muenchen
24/10/15 Bayern Muenchen 4 - 0 FC Köln
20/10/15 Arsenal 2 - 0 Bayern Muenchen
17/10/15 Werder Bremen 0 - 1 Bayern Muenchen

* Arsenal: W L W W W

31/10/15 Swansea City 0 - 3 Arsenal
27/10/15 Sheffield Wednesday 3 - 0 Arsenal
24/10/15 Arsenal 2 - 1 Everton
20/10/15 Arsenal 2 - 0 Bayern Muenchen
17/10/15 Watford 0 - 3 Arsenal

Head To Head:
 
20/10/15 Arsenal 2 - 0 Bayern Muenchen
11/3/14 Bayern Muenchen 1 - 1 Arsenal
19/2/14 Arsenal 0 - 2 Bayern Muenchen
13/3/13 Bayern Muenchen 0 - 2 Arsenal
19/2/13 Arsenal 1 - 3 Bayern Muenchen

Prediksi hasil laga (Goal.com):

* Bayern Muenchen 1 - 2 Arsenal
* Bayern Muenchen 0 - 0 Arsenal
* Bayern Muenchen 0 - 1 Arsenal

Prediksi hasil laga menurut editor Antaranews.com:
* Bayern Muenchen: 0
* Arsenal: 1

Pewarta: A.A. Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015