Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah tokoh nasional meraih penghargaan 13 Tokoh Terpopuler 2015 yang dilakukan satutiga.co, sebuah portal berita nasional.

Menurut Ichwanudin Siregar, pendiri 13 grup tempat bernaungnya satutiga.co, pihaknya menyeleksi sejumlah tokoh nasional ini sebagai bentuk apresiasi kepada para tokoh nasional tersebut sepanjang tahun 2015.

"Penyeleksian kategori 13 tokoh tersebut berdasarkan kriteria kepopuleran mereka di media massa dan masyarakat. Kriteria utama adalah tokoh itu sebagai pimpinan di lembaga atau kelompok," katanya dalam keterangan persnya di Jakarta, Rabu.

Ichwan mengatakan, satutiga.co hadir untuk memperkaya informasi bagi publik dan turut berjuang demi kesejahteraan masyarakat. "Sebagai penghargaan perdana, kami menyadari masih terdapat sejumlah kekurangan yang akan terus diperbaiki ke depannya. Semoga tahun depan dan tahun-tahun berikutnya kami lebih maksimal berkarya dalam turut serta berkonstribusi untuk bangsa dan negara," ujarnya.

Berikut profil singkat 13 Tokoh Terpopuler 2015:
1.      Soetrisno Bachir. Pria yang akrab disapa "Mas Tris" ini sudah populer sejak memimpin PAN pada era 2005-2010. Ia kembali menarik perhatian di awal tahun 2015 dengan keputusannya kembali ke PAN dan menjadi Ketua MPP Partai Amanat Nasional (PAN) menggantikan Amien Rais.
2.      Zulkifli Hasan. Terpilih sebagai Ketua Umum PAN periode 2015-2020 dan menjabat sebagai Ketua MPR RI, tentu sudah tidak asing lagi bagi media dan publik pada tahun 2015 ini.
3.      Irman Gusman. Kemampuannya untuk terpilih kembali sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), membuat tokoh berdarah Minang ini layak mendapatkan penghargaan sebagai 13 Tokoh Terpopuler 2015.
4.      Hanif Dhakiri, dipercaya menjabat Menteri Ketenagakerjaan, politisi PKB ini langsung menggebrak dengan sejumlah terobosannya. Yang paling menghebohkan saat politisi muda ini harus lompat pagar untuk sidak di sebuah penampungan TKI.
5.      Ferry Mursidan Baldan. Sebagai Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Nasional NasDem (NasDem), Ferry terbilang sukses menjadi “koki” sebuah partai baru yang berhasil menempatkan wakilnya di Senayan. Kini ia menjabat sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang.
6.      Imam Nahrawi. Keberaniannya merombak dunia sepakbola Indonesia layak menempatkan Menpora ini termasuk dalam 13 Tokoh Terpopuler 2015.
7.      Yuddy Crisnandi. Politisi muda yang kian populer sejak dipercaya sebagai Menteri Pendayagunan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.
8.      Saleh Husin. Dipercaya Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Perindustrian dalam Kabinet Kerja.
9.      Fahri Hamzah. Sikap kritis politisi PKS ini kepada pemerintah tidak surut meski kini menjabat sebagai Wakil Ketua DPR RI.
10.  Taufik Kurniawan. Dua periode duduk di posisi pimpinan DPR RI, Taufik kini menjabat Wakil Ketua DPR RI untuk bidang anggaran.
11.  Tantowi Yahya. Sebagai juru bicara Partai Golkar, politisi asal Palembang ini tentu akrab tampil di media massa. Ia menjabat wakil Ketua Komisi I DPR RI.
12.  Tamsil Linrung. Mengusung perjuangan politik untuk kemanusian membuat Wakil Ketua Komisi VII DPR RI.
13.  Aziz Syamsuddin, Ketua Komisi III DPR RI, politisi Partai Golkar ini tentu sering dikutip media terkait persoalan hukum di negeri ini.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015