Muenchen (ANTARA News) - Kemenangan besar 5-1 Bayern Muenchen dari Arsenal Kamis dini hari tadi membuat klub Jerman itu memuncaki Grup F Liga Champions dan pelatih Pep Guardiola menyebut keberhasilan itu karena dia mempraktikkan kompetisi di antara para pemainnya untuk menjadi starter dalam tim.

Dengan skuad lengkap warna warni pemain Eropa, Guardiola mempunyai hak istimewa untuk membangkucadangkan Arjen Robben pada 55 menit pertama pertandingan dengan memasangkan duo gelandang Kingsley Coman dan Douglas Costa yang keduanya baru dikontrak, dan terbukti membuat Arsenal kalang kabut.

Robben kemudian masuk untuk mencetak gol pada pertandingan pertamanya dalam Liga Champions musim ini.

Klub Bavaria itu sudah mencetak tiga gol untuk melewati Arsenal lewat penampilan yang luar biasa pada babak pertama.

"Saya tak punya keraguan pada Arjen. Semua orang ingin bermain," kata Guardiola. "Mereka harus berjuang untuk memperebutkan jatah starter. Untuk saat ini mereka melakukannya dengan baik karena setiap pemain tahu mereka harus bermain bagus karena ada orang lain yang siap menggantikan mereka bermain."

Dengan bek tengah Medhi Benatia juga menjadi pemain pengganti setelah kembali dari cedera dan bek Holger Badstuber masuk skuad untuk pertama kali sejak musim lalu, persaingan antarpemain Bayern makin sengit.

Pada beberapa pekan terakhir Bayern menerapkan pertahanan yang rapat dan Guardiola mengatakan sang juara Bundesliga memang harus selalu berubah.

"Saya bilang "anak-anak kita selalu harus beradaptasi dengan cara main lawan," sambung Guardiola seperti dikutip Reuters. "Jika lawan kita defensid seperti Frankfurt (yang menahan Bayern 0-0 pekan lalu) maka itu benar untuk pelatih mereka. Kitalah yang harus menyesuaikan diri."



Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015