Frankfurt (ANTARA News) - Peringkat utang Volkswagen diturunkan oleh Moody's Rabu waktu setempat menyusul skandal penipuan emisi oleh raksasa otomotif Jerman itu.

Moody's memangkas peringkat utang VW menjadi A3 setelah muncul tuduhan baru bahwa Volkswagen sengaja memasukkan perangkat tipuan ilegal itu untuk menyembunyikan polusi nitrogenoksida yang beracun pada mobil-mobil diesel mewah mereka, termasuk Porsche.

Moody's juga merujuk pengakuan VW kemarin bahwa tidak melaporkan tingkat emisi CO2 pada 800.000 kendaraan lain buatan mereka, termasuk mobil-mobil berbahan bakar bensin.

Moody's memang mengatakan kekuatan keuangan Volkswagen tak akan terpengaruh oleh denda dan kompensasi yang bakal dijatuhkan ke VW, namun reputasi dan pendapatan produsen mobil ini akan menjadi taruhannya.

Setelah Badan Perlindungan Lingkungan AS menuduh VW juga mengakali mesin disel 3,0 liter yang digunakan Audi dan SUV Porsche Cayenne, perusahaan ini menunda penjualan kedua model itu ke AS.

Moody's menyatakan mobil-mobil premium semacam itu adalah "penyumbang terbesar bagi profitabilitas Volkswagen."

Menteri Transportasi Jerman Alexander Dobrindt mengungkapkan kepada parlemen bahwa di antara 800.000 VW yang emisi karbondioksidanya tinggi adalah 98.000 mobil berbahan bakar bensin, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015