Jakarta (ANTARA News) - Tim nasional bola basket putra Indonesia U-16 akan menghadapi tim Bahrain pada laga penentuan peringkat 9-12 Kejuaraan FIBA Asia U-16 2015 yang digelar di GOR Pulogadung, Jakarta, Kamis.

Menurut situs resmi Federasi Basket Internasional (FIBA), tim basket Bahrain memiliki peringkat dunia FIBA yang lebih tinggi dari Indonesia. Bahrain berada di peringkat 57 dunia, sedangkan Indonesia berada di peringkat 77.

Pertandingan kali ini dilakukan untuk menentukan posisi 9-12 setelah kedua tim gagal melaju ke babak perempat final.

Wasit pada pertandingan Indonesia melawan Bahrain adalah Mei Wang dari Tiongkok, Ho Ming Chan dari Hong Kong, dan Joenard Garcia dari Filipina. Peran komisioner pertandingan dipegang oleh Jamal Alturk dari Suriah.

Sebelumnya, tim Indonesia, yang dilatih oleh Eddy Santoso, gagal melaju ke perempat final setelah kalah dengan selisih 4,5 bola dari Kuwait pada Selasa (3/11), dengan skor akhir 63-79.

Padahal sebelumnya tim tuan rumah berhasil menaklukkan Malaysia dengan skor 81-71 pada Senin (2/10).

Kekalahan melawan Kuwait membuat Indonesia menduduki peringkat 5 Grup E dan harus menjalani laga penentuan posisi 9-12 bersama Bahrain, Malaysia, dan Irak.

Negara-negara yang maju ke perempat final Kejuaraan FIBA Asia U-16 2015 antara lain Thailand, Taiwan, Lebanon, Korea, Jepang, Filipina, Kuwait dan Tiongkok.

Tiongkok menjadi juara bertahan untuk ketiga kalinya secara berturut-turut pada ajang yang diadakan dua kali setahun tersebut. Tiga besar kejuaraan FIBA U-16 ini akan mengikuti kejuaraan FIBA dunia di Spanyol pada tahun berikutnya.

Pewarta: Calvinantya Basuki
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015