Sukabumi (ANTARA News) - MNC Group, yang memenangkan proyek pembangunan jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) melalui PT MNC Tol, menyatakan jalan tol di Jawa Barat itu ditargetkan selesai dan beropasi pada 2019.

"Tahap satu sudah dilaksanakan yakni pembangunan Ciawi-Cigombong, Kabupaten Bogor dengan panjang jalan sekitar 15,35 km," kata CEO MNC Group Hary Tanoesudibjo di Sukabumi, Jawa Barat, Jumat.

Menurutnya, pada tahap pertama pembangunan jalan tol Bocimi ini ditargerkan selesai pada 2017 mendatang yang kemudian akan dilanjutkan dengan tahap kedua meliputi Cigombong-Cibadak sepanjang 12 kilometer, tahap III meliputi Cibadak-Sukabumi Barat sepanjang 14 kilometer, dan tahap IV meliputi Sukabumi Barat-Sukabumi Timur sepanjang 13 km.

Untuk pembebasan lahan hingga saat ini sudah mencapai 92 hingga 93 persen, sisanya masih dalam tahap negoisasi. Namun untuk pembebasan lahan merupakan kewenangan dari pemerintah sehingga pihaknya berharap pemerintah bisa segera menyelesaikan pembebasan lahan yang masih tersisa agar pembangunan jalan tol ini bisa selesai tepat waktu.

"Kami terus berupaya agar pembangunan jalan ini selesai tepat waktu karena sangat dibutuhkan oleh warga khususnya yang tinggal di Bogor dan Sukabumi," tambahnya.

Hary mengatakan jalan tol penghubung Sukabumi-Bogor ini sudah sangat dinanti oleh masyarakat, karena kondisi arus dan kepadat lalu lintas sudah semakin parah.

Pewarta: Aditya A Rohman
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015