Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PB Perbasi) Danny Kosasih mengatakan bahwa pengurus baru Komite Olimpiade Indonesia (KOI) harus fokus mengurus ajang "multi-event" olahraga yang akan datang.

"Konsentrasi ke SEA Games 2017 dan Asian Games 2018 terutama yang harus diperhatikan. Kami juga berharap agar KOI lebih baik dari yang lalu," kata Danny ketika ditemui Antara di Jakarta, Jumat.

Sebelumnya, pengusaha Erick Thohir, yang juga pernah menjabat ketua umum PERBASI periode 2006-2010, terpilih menjadi Ketua KOI periode 2015-2019 dalam pemilihan di Jakarta, yang berlangsung Minggu (1/11) dini hari.

Danny mengatakan bahwa Erick adalah sosok yang tepat untuk memimpin KOI karena memiliki perhatian khusus pada olahraga, baik di dalam maupun di luar negeri.

"Dia (Erick) adalah orang yang tepat menurut saya, kami juga adalah salah satu pendukungnya," kata Danny.

Seperti diketahui, Erick Thohir merupakan pemilik dan pembina dari beberapa klub olahraga seperti Inter Milan dan DC United di sepak bola dan Philadelphia 76ers dan Satria Muda Britama di bola basket.

Untuk memimpin KOI periode 2015-2019, Erick Thohir akan dibantu oleh Wakil Ketua Muddai Madang. Pria ini sebelumnya juga maju sebagai ketua, namun sebelum penetapan calon, Ketua KONI Sumatera Selatan ini mengundurkan diri dan memilih bersaing di pos wakil ketua umum.

Sedangkan posisi sekjen berdasarkan hasil pemilihan diduduki oleh Dodi Iswandi, didukung oleh Wakil Sekjen Dasril Anwar. Selain itu para pimpinan KOI itu akan didukung oleh Komite Eksekutif yang juga dipilih melalui mekanisme kongres diwaktu yang sama.

Erick Thohir mengaku akan langsung fokus untuk mempersiapkan diri menghadapi dua kegiatan besar, yaitu Olimpiade Brasil 2016 serta menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

"Kami akan segera rapatkan barisan. Ini adalah tanggung jawab besar. Kami akan perhatian pada dua hal, yaitu Olimpiade dan Asian Games," kata dia.

Pewarta: Calvinantya
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015