Parepare, Sulawesi Selatan (ANTARA News)- Mantan gelandang Pusamania Borneo FC (PBFC), Achmad Hisyam Tolle, mengaku diajak Ferdinand Sinaga bergabung bersama tim Sriwijaya FC di turnamen Piala Jenderal Sudirman, 10 November 2015.

"Saya memang sudah diajak Ferdinand gabung Sriwijaya FC. Jika tidak ada halangan saya akan bergabung bersama tim di pemusatan latihan di Solo, pekan depan," kata Tolle, di Parepare, Sabtu.

Gelandang asal Makassar itu menjelaskan, dirinya dan manajemen klub memang sudah menjalin komunikasi dan telah terjadi kesepakatan kerja sama. Dirinya juga mengaku bangga bisa memperkuat tim sebesar Sriwijaya FC yang memang dihuni sejumlah pemain berpengalaman.

Dirinya saat ini memang tidak lagi tampil di Piala Habibie Cup di Stadion Gelora Mandiri Parepare, setelah tim yang dibelanya yakni Gasma Enrekang kalah dari tim tuan rumah Persipare pada babak semi final dengan skor 1-0 hari ini.

Setelah tersingkir di Habibie Cup, kata dia, dirinya berencana kembali dulu ke Makassar sebelum berangkat dan bergabung dalam pemusatan latihan Sriwijaya FC di Solo, Jawa Tengah.

Terkait izin keluar dari klub lamanya yakni PBFC, dirinya mengaku bersyukur karena telah mendapatkan rekomendasi dan restu dari manajemen klub PBFC.

"Mudah-mudahan semuanya bisa berjalan lancar. Apalagi kita sebagai pemain hanya ingin terus bermain di kompetisi mendatang," katanya.

Tolle, sebelumnya memutuskan mundur dari tim Pusamania Borneo FC (PBFC) jelang pertandingan menghadapi Persib Bandung di Stadion Segiri Samarinda, Kalimantan Timur, 20 September 2015.

Adapulan alasan dirinya meninggalkan tim berjuluk Pesut Etam itu karena masalah pribadi dengan seorang pemain senior di tim tersebut. Namun dirinya menolak untuk membahas lebih jauh soal alasannya keluar dari tim PBFC secara mendadak.

"Saya tentu memiliki harapan tersendiri bagaimana bisa membantu tim untuk meraih hasil maksimal. Saya juga berterima kasih pada seluruh pihak yang membantu karier saya di sepak bola," ujarnya.

Pelatih Sriwijaya FC, Benny Dollo, memang merencanakan menggelar TC di Solo. Adapun keputusan memilih Solo karena berbagai alasan termasuk fasilitas yang mendukung serta mudah mendapatkan lawan uji coba. Apalagi Solo juga lebih dekat dari Malang yang menjadi tuan rumah.

Mantan pelatih timnas itu juga menjadwalkan satu kali uji coba menghadapi tim lokal untuk lebih mematangkan kemampuan tim sebelum tampil di laga perdana. Sebelum bertolak ke Solo, tim Sriwijaya FC tetap fokus berlatih di Palembang.

Dalam latihan yang digelar sejauh ini, sejumlah pemain belum bisa bergabung karena masih memperkuat timnya di turnamen Habibie Cup di antaranya Faturrahman, Asri Akbar, serta Sinaga.

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015