Parepare, Sulsel (ANTARA News)- Manajemen PSM Makassar tidak mengalami masalah dan justru mengaku diuntungkan dengan aturan yang dikeluarkan pihak penyelenggara mewajibkan setiap tim menurunkan dua pemain U-21 dalam "starting eleven" di turnamen Piala Jenderal Sudirman.

Direktur Klub PSM Makassar, Sumirlan di Parepare, Minggu, juga mengaku mendukung penuh atas aturan baru yang dikeluarkan Mahaka Sports and Entertaiment selaku operator turnamen Piala Jenderal Sudirman

"Kami sudah dapat informasi soal aturan (penggunaan dua pemain muda, red) itu. Justru kita sebenarnya memiliki kontribusi atas keluarnya aturan itu dengan harapan agar ada unsur pembinaan," jelasnya.

Menghadapi turnamen Piala Jenderal Sudirman, Manajemen PSM Makassar memang siap mengolaborasikan antara pemain senior, asing dan pemain muda dari U-21. Ini juga bagian dari komitmen PSM untuk memberikan kesempatan lebih besar pada skuad muda yang ada.

Berdasarkan data pemain yang telah didaftarkan ke pihak panitia turnamen, sejumlah pemain U-21 memang masuk daftar diantaranya Ridwan (gelandang) Hasan Husain (gelandang), Syaiful (penjaga gawang), Wasiat (bek), Roberto Wiliam (striker), serta Rasyid Rahman Datu.

Sejumlah pemain muda ini juga sudah dimatangkan di turnamen Piala Habibie 2015. Jika melihat pencapaian tim pemain muda tentu cukup berpotensi setelah mampumenembus babak semi final di turnamen yang digelar di Stadion Gelor Mandiri Parpare, 28 Oktober-10 November 2015.

Bahkan jika mampu mengalahkan tim bertabur bintang Sidrap United dibabak semi final hari ini maka tentu bisa menjadi modal berharga bagi para pemain muda itu untuk bersaing di Turnamen Piala Jenderal Sudirman 2015.

"Kami memang terus fokus melahirkan pemain muda yang bisa bersaing di ajang nasional. Mudah-mudahan keterlibatan pemain muda di turnamen Habibie Cup semakin mengangkat mental dna kemampuannya sebelum tampil di Piala Sudirman," katanya.

Pelatih Kepala PSM Liestiadi juga mengakui kehadirannya di Parepare untuk memantau penampilan para pemain muda tim Juku Eja.

Mengenai potensi pemain muda PSM, lanjut dia, berdasarkan keberhasilan "ramang muda" menembus babak semi final di turname Habibie Cup bisa menjadi salah satu penilaian akan potensi para pemain PSM. Pihaknya juga berharap para pemain mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya pada saat menghadapi tim bertabur bintang Sidrap United.

Ia menjelaskan, beberapa pemain muda PSM memang akan menjadi bagian dalam skuad PSM menghadapi turnamen Piala Jenderal Sudirman 2015. Kolaborsi antara pemain muda dan senior diharapkan bisa lebih solid sehingga akan semakin menjaga persaingan.

"Kami akan lihat sejauh mana kemampuan pemain untuk bisa kita turunkan di turnamen Piala Jenderal Sudirman,"ujarnya.

Pewarta: Abd KAdir
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015