Rabu, 20 September 2017

Astronot "joging" di langit selama delapan jam

| 15.098 Views
Astronot
Astronot AS berpartisipasi dalam spacewalk (berjalan di luar angkasa) (REUTERS/NASA/Handout)
Tanjung Canaveral, Florida (ANTARA News) - Dua astronot Amerika Serikat keluar dari Stasiun Ruang Angkasa Internasional selama delapan jam untuk berjalan-jalan (spacewalking) demi menghindari amonia yang mungkin berbahaya saat pengisian ulang sistem pendingin.

Komandan stasiun Scott Kelly dan teknisi penerbangan Kjell Lindgren meninggalkan tempatnya sekitar pukul 6.30 pagi, kata NASA seperti diberitakan Reuters.

Komentator misi NASA Rob Navia mengatakan percikan amonia ke luar saat mesin pendingin diisi ulang tapi tidak berbahaya dan tidak perlu dekontaminasi saat mereka kembali ke stasiun.

Kelly dan Lindgren mencabut sistem pendingin yang telah dipakai sejak 2012 untuk menghindari kebocoran amonia di salah satu dari delapan loop pendingin utama.

Mei 2013, sepasang astronot mengganti pompa yang rusak untuk memperbaiki kebocoran itu.

Saat mereka berjalan-jalan Jumat lalu (6/10), amonia sedang diisi ulang dan kembali dipakai. NASA ingin mengemas alat ini namun kedua astronot kehabisan waktu untuk melipat dan menutup panel radiator.

Juru bicara NASA Dan Huot mengatakan pekerjaan itu akan dijadwal ulang, dan belum ada rencana perjalanan pada 2015 ini.

NASA harus menghilangkan rencana mendandani stasiun dengan dua tempat parkir untuk landasan pesawat komersial yang dikembangkan Boeing dan Teknologi Eksplorasi Ruang Angkasa milik swasta yang dikenal sebagai SpaceX.

Docking adapter yang pertama dihancurkan saat kargo SpaceX rusak Juni lalu. Adapter kedua akan terbang dengan kargo SpaceX yang lain tahun depan.

Mereka melanjutkan mempersiapkan stasiun untuk pesawat ruang angkasa baru yang diharapkan mulai awal Januari, kata Huot.


Penerjemah: Natisha Andarningtyas

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2015

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga