Jakarta (ANTARA News) - Perbanas Institute sejak awal memberikan kuliah kepada mahasiswa membekali kompetensi yang dibutuhkan sesuai dengan pasar, terutama industri perbankan dan keuangan, sehingga alumni langsung beradaptasi dengan lingkungan kerja.

"Lulusan Perbanas Institute juga dibekali dengan kemampuan tambahan lain, seperti kemampuan negosiasi, presentasi, dan kerja tim yang diberikan dalam Program Pengembangan Karier," kata Rektor Perbanas Institute Marsudi Wahyu Kisworo di Jakarta, Senin.

Hal tersebut disampaikan menyambut Dies Natalis Ke-47 perguruan tinggi ini yang antara lain lomba antarcivitas akademika, festival band antar-SMA, lomba penulisan bagi wartawan, dan latihan motivasi bagi guru SMA.

Selain itu, Perbanas Institute akan mewisuda sekitar 900 wisudawan dari D-3, S-1 dan S-2 yang merupakan lulusan Fakultas Ekonomi, Fakultas Informatika dan Program Pascasarjana pada tanggal 22 Desember 2015.

Alumni perguruan tinggi yang fokus mendidik profesional di bidang perbankan dan keuangan itu menjadi rebutan perusahaan perbankan dan keuangan dengan masa tunggu di dunia kerja antara nol dan tiga bulan.

"Bahkan ada beberapa mahasiswa kami yang sudah diminta oleh perusahaan saat mereka masih kuliah," kata Marsudi.

Perbanas Institute berdiri pada tanggal 19 Februari 1969 dalam upaya memenuhi kekurangan kader bidang perbankan dan Keuangan di Indonesia yang ditinggalkan para tenaga ahli asing.

Para bankir saat itu berinsiatif mendirikan lembaga pendidikan untuk mencetak sumber daya manusia di bidang perbankan dan keuangan menggantikan tenaga ahli asing, terutama Belanda, yang meninggalkan di Indonesia.

Karena saat itu sedang terjadi pergantuan orientasi pembangunan, banyak bank kekurangan SDM dan perlu cepat diisi oleh putra-putri Indonesia sehingga didirikanlah lembaga pendidikan yang kini dikenal dengan nama Perbanas Institute.

Ketua Pelaksana Dies Natalis Ke-47 Perbanas Institute Arus Akbar Silondae mengatakan bahwa dalam rangka dies natalis pihaknya juga menggelar Perbanas Institute Journalist Competition (PIJC) 2015 yang sudah dimulai sejak 21 Oktober 2015 berakhir 18 Desember 2015.

Pemenang lomba penulisan wartawan ini akan mendapatkan hadiah berupa uang dan penghargaan, yang akan diberikan saat puncak acara Dies Natalis Ke-47 pada tanggal 23 Februari 2016.

Arus Akbar mengatakan pihaknya membuka kesempatan seluas-luasnya bagi wartawan untuk mengikuti PIJC 2015. "Antusias wartawan mengikuti kompetisiini cukup besar bagi yang ingin mengetahui lebih lanjut silakan lihat website resmi kami di www.perbanas.id," katanya.

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015