Kita sudah mendapatkan konfirmasi terkait hal itu,"
Padang (ANTARA News) - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dijadwalkan menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November 2015 di halaman kantor Gubernur Sumatera Barat (Sumbar).

"Kita sudah mendapatkan konfirmasi terkait hal itu," kata Kepala Bagian Protokol Biro Umum dan Protokoler Sekretariat Daerah Sumbar, Kuswandi di Padang, Senin.

Menurutnya, sebagai Ketua MPR, Zulkifli Hasan tidak akan membacakan pidato Menteri Sosial RI sebagaimana pelaksanaan peringatan Hari Pahlawan di daerah lain.

"Beliau akan memberikan sambutan sendiri," katanya.

Sementara itu, Kepala Biro Humas Sekretariat Daerah Provinsi Sumbar, Irwan mengimbau masyarakat menghentikan aktivitas pada Selasa(10/11) pukul 08.15 WIB untuk mengheningkan cipta selama satu menit, mengenang jasa pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

"Seluruh masyarakat, diharapkan ikut menekurkan kepala, mendoakan pahlawan kita selama satu menit pada waktu yang ditetapkan itu," ujarnya.

Menurutnya, imbauan itu tidak hanya berlaku bagi masyarakat yang mengikuti upacara bendera, tetapi yang sedang beraktivitas di manapun.

"Kalau misalnya sedang mengendara, bisa berhenti sejenak di pinggir jalan untuk mengheningkan cipta," ujarnya.

Ia mengatakan tema peringatan Hari Pahlawan ke-70 adalah Semangat Kepahlawanan Adalah Jiwaragaku.

Menurutnya, tema yang digunakan itu menunjukkan bahwa semangat kepahlawanan penting untuk tetap dipelihara dalam konteks kekinian.

"Dengan semangat tersebut, niscaya Indonesia akan kembali menjadi bangsa yang besar," katanya.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Penerangan Sekretariat Daerah Provinsi Sumbar, Fadhli mengatakan, selain mengheningkan cipta, Hari Pahlawan tahun ini juga diperingati dengan cara unik, yaitu mengucapkan salam "merdeka", ketika bertemu orang lain.

"Masyarakat diimbau mengucapkan salam merdeka tersebut dari pukul 06.00-18.00 WIB," katanya.

Diharapkan, menurutnya, peringatan tersebut akan menghidupkan kembali semangat kepahlawanan dalam diri generasi saat ini.

Pewarta: Agung Pambudi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015