Washington (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat Barack Obama bergabung dengan lebih dari satu miliar pengguna Facebook, Senin waktu setempat, dengan mendaftar ke situs jejaring sosial itu dan memanfaatkan posting pertamanya untuk mendorong aksi melawan perubahan iklim.

Guna memperluas pemanfaatkan komunikasi modern untuk merengkuh kaum muda dan kalangan lebih luas lagi, Gedung Putih memposting video Obama berjalan mengelilingi South Lawn di Gedung Putih.

"Saya berharap Anda semua merenungkan hal ini sebagai tempat di mana kita bisa berbincang nyata mengenai masalah-masalah paling penting yang dihadapi bangsa kita," tulis teaser untuk video itu.

Cuplikan video itu menunjukkan Obama berbicara mengenai "halaman belakang"-nya untuk tujuh tahun terakhir, yang diketahui menjadi tempat untuk seekor serigala, seekor rajawali dan gerombolan tupai Washington.

"Ada banyak makhluk di sana," kata Obama.

Motif politik di balik posting itu adalah meminta dukungan dalam mengatasi perubahan iklim.

Obama akan pergi ke Paris akhir bulan ini dengan harapan mendapatkan dukungan global untuk kesepakatan pembatasan emisi karbon.

Namun dihadapkan pada Kongres yang dikuasai Republik dan sebagian besar mengabaikan ancaman perubahan iklim, Obama menjadi memerlukan dukungan dalam negeri untuk memaku kesepakatan iklim itu.

Gedung Putih berharap Facebook menjadi jalan dua arah untuk diskusi iklim.

"Halaman ini akan menawarkan rakyat Amerika sebuah venue baru untuk berbagi pengetahuan mereka dengan Presiden menyangkut masalah-masalah yang paling mereka pedulikan," kata Kori Schulman, wakil direktur strategi digital Gedung Putih.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015