Riyadh (ANTARA News) - Para pemimpin Arab dan Amerika Selatan berkumpul pada Selasa untuk mengikuti konferensi tingkat tinggi (KTT) yang bertujuan memperkuat hubungan antara kawasan itu, yang secara geografis jauh tapi kuat secara ekonomi.

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Ban Ki-moon direncanakan menghadiri pembukaan KTT Ke-4 Negara Arab-Amerika Selatan di Riyadh, yang dimulai pukul 16.00 waktu setempat.

Televisi negara melaporkan kedatangan Presiden Nicolas Maduro dari Venezuela, yang negaranya masuk anggota Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) bersama dengan Arab Saudi, eksporter minyak terbesar di dunia.

Presiden Rafael Correa dari Ekuador, negara anggota paling kecil di OPEC, juga tiba. Sejauh ini belum segera jelas apakah para kepala negara Amerika Latin lainnya akan hadir.

Para presiden Arab yang tiba termasuk Omar al-Bashir dari Sudan, Abdel Fattah as-Sisi dari Mesir dan Fuad Masum dari Irak dan juga Presiden Palestina Mahmud Abbas, demikian laporan media negara.

Para pemimpin lain mencakup raja-raja di Teluk dan Raja Abdullah II dari Jordania.

Menjelang pertemuan dua hari itu, Menteri Luar Negeri Sudan Ibrahim Ghandour mengatakan "jendela-jendala" kerja sama telah lama terjalin "tapi belum cukup terbuka untuk memanfaatkan kemampuan" yang dimiliki kedua kawasan.

Sebagai contoh, Sudan memiliki lahan dan air "yang memungkinkannya menjadi keranjang makanan Arab dan Amerika Selatan".

KTT antara 22 anggota Liga Arab dan 12 negara dari Amerika Selatan diadakan pertama kali pada 2005.

Pertemuan-pertemuan itu merupakan prakarsa Presiden Brazil waktu itu Luiz Inacio Lula da Silva, yang negaranya menjadi tuan rumah KTT pertama, demikian AFP.

(Uu.M016)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015