Jakarta (ANTARA News) - Pemain ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir kalah dari pasangan Jerman Michael Fuchs dan Birgit Michels 19-21, 20-22 di putaran pertama Tiongkok Terbuka 2015, Rabu.

Pada game pertama, Tontowi dan Liliyana, yang akrab disapa Owi dan Butet, tampil meyakinkan sampai skor 5-0 dan sempat melaju sampai skor 19-14 sebelum mengaku kalah 19-21 dari Fuchs dan Michels.

Pada awal game kedua mereka kembali menunjukkan dominasi namun Fuchs dan Michels berhasil membalikkan kedudukan dan mengakhiri game kedua dengan skor 22-20.

Owi mengaku sering lengah dan terburu-buru ingin memenangkan pertandingan sehingga gampang membuat kesalahan.

"Selain kami juga harus menyesuaikan diri di lapangan, kami memang tidak dapat mempertahankan poin. Permainan lawan pada hari ini juga cukup bagus dan tidak mudah mati," kata Owi seperti dilansir situs resmi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI).

Pelatih ganda campuran PBSI Richard Mainaky mengatakan hasil pertandingan itu di luar dugaan mereka.

"Lawan juga punya penampilan yang bagus karena selalu unggul dari poin ke poin," kata Richard.

"Kami harus mengakui pasangan Jerman lebih menikmati permainan. Sedangkan Owi/Butet justru banyak ragu-ragu terutama saat poin-poin kritis," kata dia.

Meskipun kali ini kalah, Owi dan Butet telah mencatatkan empat kemenangan dalam lima pertemuan mereka dengan Fuchs dan Michels.

Owi dan Butet terakhir menang melawan Fuchs dan Michels di Indonesia Terbuka dengan skor 21-16, 18-21, 21-19.

Selain Owi dan Butet, dua ganda campuran lain Indonesia, Markis Kido dan Pia Zebadiah Bernadeth serta Riky Widianto dan Richi Puspita Dili, juga tumbang di pertandingan putaran pertama turnamen itu.

Pasangan Praveen Jordan dan Debby Susanto menjadi satu-satunya ganda campuran Indonesia yang lolos ke putaran kedua Tiongkok Terbuka setelah mengalahkan Kenichi Hayakawa dan Misaki Matsutomo dari Jepang.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015