Jakarta (ANTARA News) - PSSI menilai Komite ad-hoc yang rencananya akan dibentuk Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) dapat berjalan paralel dengan Tim Kecil bentukan pemerintah sebagai bagian dari rencana pemerintah mereformasi sepakbola nasional. 




Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Jenderal PSSI, Azwan Karim, di Jakarta, Kamis, ketika ditanya tanggapannya mengenai komunikasi antara Kementerian Pemuda dan Olahraga dan FIFA mengenai kelanjutan proses pembentukan tim kecil.




Karim mengatakan, mereka tidak mempermasalahkan mengenai wacana pembentukan tim kecil tersebut asalkan fungsi dan tugas nantinya tidak bertolak belakang dengan komite ad-hoc sendiri.




"Ini sebetulnya bisa berjalan paralel antara Komite ad-hoc dan Tim Kecil, tapi yang paling mendesak adalah segera masukkan nama wakil pemerintah ke Komite ad-hoc," ucap dia. 




PSSI sendiri masih dalam posisi meminta pemerintah segera menyerahkan nama usulan untuk bekerja sama dengan komite ad-hoc reformasi sepak bola nasional yang sebelumnya telah ditetapkan untuk dibentuk FIFA.




Seperti penyataan delegasi bersama FIFA-AFC sebelumnya, Komite ad-hoc dibentuk dengan melibatkan masing-masing elemen pemangku kepentingan, di antaranya PSSI, pemain, pengelola liga, wasit, media massa, pemerintah, dan lain-lain.




FIFA nantinya akan memilih satu orang dari nama-nama yang diusulkan untuk mewakili masing-masing elemen pemangku kepentingan tersebut.




"Tidak mungkin satu orang ini punya ide untuk keseluruhan ide untuk memperbaiki sepak bola Indonesia. Satu orang ini akan memiliki tim di belakang dia, anggap saja itu Tim Kecil. Jadi setiap elemen memiliki tim kecilnya sendiri-sendiri," ucap dia. 




Sebelumnya, pada Rabu (11/11), Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, mengirim surat apresiasi kepada FIFA setelah perwakilan dari federasi sepak bola dunia itu datang ke Indonesia guna melihat langsung permasalahan persepakbolaan nasional.




Kepala Komunikasi Publik Kementerian Pemuda dan Olahraga, Gatot S Dewa Broto, menjelaskan dalam surat tersebut juga disebut mengenai rencana pembentukan tim kecil sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo. Hanya saja, dalam surat tersebut belum dicantumkan nama-namanya.




"Memang benar. Belum ada nama-namanya. Yang jelas tim kecil akan secepatnya dibentuk sesuai dengan arahan presiden," katanya.




Tim kecil yang akan dibentuk pemerintah ini berbeda dengan tim ad hoc yang diprakarsai PSSI. Hanya saja, pihak pemerintah belum memutuskan hal lebih lanjut terkait tim tersebut.

Pewarta: Calvinantya Basuki
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015