Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan terima kasih kepada Perdana Menteri (PM) Australia Malcolm Turnbull atas bantuan Australia kepada Indonesia beberapa waktu lalu dalam mengatasi bencana kebakaran hutan dan lahan.

Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo menerima kunjungan PM Malcolm Turnbull bersama sang istri Lucy Turnbull di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis.

"Selamat datang PM Turnbull bersama delegasi ke Jakarta. Selamat atas pengangkatan Yang Mulia sebagai Perdana Menteri Australia," kata Presiden Jokowi.

Tidak lupa, Jokowi mengucapkan terima kasih atas bantuan Australia terhadap Indonesia dalam mengatasi kebakaran hutan yang lalu.

Presiden Jokowi juga menyatakan menyambut baik pembukaan Konsulat Jenderal (Konjen) Australia di Makassar.

Pada kesempatan yang sama, PM Turnbull juga menyatakan rasa terima kasihnya dan merupakan kehormatan baginya untuk berada di Indonesia sebagai kunjungan pertamanya di Asia selaku Perdana Menteri.

"Australia dan Indonesia berbagi persahabatan yang sangat dekat selama tujuh dekade," katanya.

Menurut dia, salah satu yang paling penting, kontribusi Australia untuk urusan global yakni memberikan dukungan diplomatik segera setelah era perjuangan kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia.

Selain itu, ia menggarisbawahi Lombok Treaty yang tentu saja merupakan kesepakatan penting yang melambangkan dan meresmikan hubungan saling menguntungkan dan saling menghormati antara dua negara besar tersebut.

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015