Jakarta (ANTARA News) - Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara menjalin kerja sama dengan Kantor Berita Italia AGI dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) pada Selasa (10/11).

MoU yang ditandatangani oleh Direktur Utama LKBN Antara Saiful Hadi dan Direktur Utama AGI Alessandro Pica itu bertujuan untuk membangun kerja sama bilateral dalam ranah pertukaran berita yang sesuai dengan undang-undang kedua negara.

Selain itu, MoU yang ditandatangani di sela-sela pembukaan Dialog Bilateral Indonesia-Italia itu juga memuat kerja sama lain dalam program pelatihan jurnalis dan juru teknis penyiaran berita.

Berdasarkan isi MoU, Antara dan AGI sepakat untuk bertukar isi berita masing-masing dan mendistribusikannya ke media-media lokal tanpa merugikan salah satu pihak dengan mengubah atau membelokkan isinya.

Dalam kunjungannya ke Indonesia dengan membawa 30 delegasi bisnis, Presiden Italia Sergio Mattarella menghasilkan nilai kontrak kerja sama sebesar 1,055 miliar dolar AS.

Menko Perekonomian Darmin Nasution mengatakan ada beberapa sektor yang diharapkan dapat tumbuh dengan adanya kerja sama tersebut.

"Kami mengundang para pelaku bisnis Italia untuk berpartisipasi dalam beberapa proyek di Indonesia terutama dalam sektor industri kreatif, pariwisata, dan maritim," ujarnya dalam pembukaan Dialog Bilateral Indonesia-Italia di Jakarta, Selasa (10/11).

Sementara itu, Presiden Italia Sergio Mattarella dalam sambutannya menyebut Italia sangat mengapresiasi kerja sama ekonomi dengan Indonesia yang dianggapnya telah menunjukkan iktikad kerja sama yang baik sejak Milano Expo 2015 beberapa waktu lalu.

Pewarta: Yashinta Difa P
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015