Wina (ANTARA News) - Produksi minyak OPEC menurun pada Oktober, terutama disebabkan oleh produksi yang lebih rendah di Irak dan Arab Saudi, kartel yang bermarkas di Wina mengatakan pada Kamis.

Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) memproduksi 31,38 juta barel per hari pada bulan lalu, dibandingkan dengan 31,63 juta barel per hari pada September, yang mencatat produksi minyak mentah tertinggi tiga tahun, menurut laporan bulanannya, lapor Xinhua.

Irak memproduksi 4,01 juta barel per hari pada Oktober, dibandingkan dengan 4,20 juta barel per hari pada September, sementara Arab Saudi, produsen terbesar OPEC, memompa 10,125 juta barel per hari, sekitar 72.000 barel per hari lebih rendah dari September.

Menjelang pertemuan Desember, laporan bulanan 12 negara kartel mempertahankan perkiraan permintaan minyak global dan pertumbuhan pasokan.

Laporan itu mengatakan pertumbuhan permintaan minyak dunia tahun ini akan naik sebesar 1,5 juta barel per hari menjadi 92,86 juta barel per hari, tidak berubah dari perkiraan bulan sebelumnya.

Menurut laporan itu, pertumbuhan permintaan minyak dunia pada 2016 bisa naik 1,25 juta barel per hari, menjadi rata-rata 94,14 juta barel per hari, tidak berubah dari laporan sebelumnya.
(T.A026)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015