Makassar, 13/11 (Antara)- Pemain asing Banaken Basoken absen memperkuat PSM Makassar menghadapi Mitra Kukar pada laga perdana Grup B Piala Jenderal Sudirman di Stadion Kapten Dipta Gianyar, Bali, 14 November 2015 karena terkendala masalah visa.

"Kami akan tetap berupaya menyelesaikan masalah visa pemain yang bersangkutan agar bisa tampil di Piala Jenderal Sudirman. Untuk laga perdana menghadapi Mitra Kukar besok, memang sulit kita turunkan karena belum mendapatkan visa sampai hari ini," kata Media Officer PSM, Ramli Manong saat dihubungi dari Makassar, Jumat.

Untuk mengurus visa kerja, kata dia, pada dasarnya tidak terlalu lama atau bisa dilakukan satu hari asal memiliki kerabat di Malaysia. Namun karena pertandingan yang sudah didepan mata maka pihaknya hanya berharap bisa menggunakan jasa pemain ini di laga kedua pada 20 November 2015.

Ia menjelaskan, untuk persoalan visa ini memang baru diketahui setelah adanya regulasi dari pihak penyelenggara yang mengharuskan setiap pemain memiliki visa. Adapun pada pelaksanaan turnamen sebelumnya, kata dia, cukup dengan paspor pemain. Maka dari itu, pihaknya tidak segera menyelesaikan masalah visa ini karena dinilai tidak menjadi persyaratan utama.

Mengenai penerapan regulasi ini di turnamen Piala Jenderal Sudirman, pihaknya mengaku mendukung penuh dan tidak keberatan meski harus ditinggal pemain asingnya. Regulasi ini juga, menurut dia, sebagai pembelajaran untuk lebih baik lagi kedepan.

"Kami tentu mendukung sepenuhnya regulasi tentang visa pemain yang berlaga. Kami akan terus mengupayakan agar pemain yang bersangkutan sudah bisa dimainkan pada laga kedua PSM nanti," katanya.

Soal kemungkinan besar absennya Banakan Basoken di lini belakang tim Juku Eja, dirinya mengaku tidak menjadi persoalan serius bagi timnya. Sebab PSM Makassar memiliki banyak pemain berposisi sama yang juga punya potensi untuk diturunkan sejak menit awal.

Kondisi ini, lanjut dia, juga tentunya sudah diantisipasi tim pelatih. Pihaknya juga percata Pelatih kepala PSM Liestiadi mampu menyiapkan strategi terbaik khususnya mengantisipasi kondisi absennya Banaken Basoken di lini belakang PSM saat menghadapi tim Naga Mekes.

Menghadapi Piala Jenderal Sudirman 2015, Manajemen PSM mendatangkan tiga pemain diantaranya Silvio Escobar (striker), Patrice Nzekou (gelandang) termasuk Banaken Basoken yang berposisi sebagai sebagai pemain bertahan.

"Kami memiliki banyak pemain belakang yang punya kualitas dan potensi untuk tampil sejak awal. Kami juga percaya tim pelatih sudah mengantisipasi soal kondisi yang terjadi demi meraih hasil maksimal pada laga perdana," ujarnya.

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015