Kini, kemajuan telah banyak tercapai setelah proses perdamaian terwujud."
Banda Aceh (ANTARA News) - Wakil Presiden M. Jusuf Kalla (JK) mengatakan, perdamaian di Aceh membawa makna bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat di Tanah Rencong itu.

"Makna perdamaian terefleksikan dalam data statistik kemiskinan. Sebelum konflik memuncak, Aceh adalah provinsi yang tingkat kemiskinannya terendah keempat di Indonesia. Kini, kemajuan telah banyak tercapai setelah proses perdamaian terwujud," kata Wapres Kalla di Banda Aceh, Sabtu.

Dalam pidato iimiah penganugerahan gelar doktor kehormatan (honoris causa) bidang perdamaian dan kemanusiaan di Universitas Syiah Kuala di Banda Aceh itu, Wapres mengemukakan, pada 1990 tingkat kemiskinan di Aceh mencapai 11,5 persen yang jauh berada di bawah tingkat kemiskinan nasional saat itu, senilai 19,6 persen.

Tiga tahun menjelang penandatanganan perdamaian Perjanjian Helsinki 2006, menurut dia tingkat kemiskinan di Aceh meningkat tiga kali lipat menjadi 29,8 persen, dan termasuk salah satu provinsi dengan tingkat kemiskinan paling tinggi selain Papua, Papua Barat, Maluku dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pada September 2014, dikemukakannya, tingkat kemiskinan di Aceh menurut statistik berangsur turun menjadi 17 persen. Begitu pula dengan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dari 69,1 di 2005 menjadi 73,1 di 2013.

"Kita patut bersyukur bahwa semua pencapaian yang telah dirasakan dan dinikmati masyarakat Aceh tersebut dimungkinkan karena adanya kondisi yang kondusif, kondisi yang damai," kata Wapres.

M. Jusuf Kalla menerima gelar doktor kehormatan dari Universitas Syiah Kuala Aceh karena dinilai sangat berperan mengatasi dampak bencana tsunami Aceh pada 2004, dan perundingan perdamaian melalui Perjanjian Helsinki.

"Sebagai wakil presiden, Pak Jusuf Kalla merupakan salah satu sosok yang ikut memprakarsai lahirnya MoU Helsinki. Komitmen teguh beliau untuk terciptanya kedamaian di negeri Serambi Mekkah ini terlihat melalui dukungan moral dan spiritual," kata Rektor Unsyiah Samsul Rizal.

Wapres Kalla tiba di Aceh, Sabtu siang, pukul 13.30 WIB untuk menerima penghargaan sekaligus menghadiri peringatan Konferensi Internasional 10 Tahun Perjanjian Helsinki.

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015