Magelang (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrowi berharap pelaksanaan Borobudur International 10K bisa menjadi ajang promosi kepariwisataan secara berkelanjutan.

"Kedepan bisa menghadirkan potensi wisata berkelanjutan. Untuk itu, harus didorong untuk meningkatkan promosi," katanya usai Borobudur International 10K di kompleks Taman Wisata Candi Borobudur di Magelang, Minggu.

Ia menuturkan promosi penting untuk terus di lakukan ke seluruh penjuru dunia bahwa Borobudur sebagai destinasi yang wajib didatangi.

Menurut dia Borobudur International 10K harus dijadikan momentum untuk menyemangati tidak hanya untuk altet atau pelari nasional, namun ke depan bagaimana prestasi atlet-atlet termotivasi jauh lebih baik.

"Kami terus mendorong agar atletik betul-betul menjadi pilihan semua orang dan ini harus menjadi fondasi penting di sekolah-sekolah serta di lembaga-lembaga pendidikan," katanya.

Menyinggung bonus khusus bagi pelari nasional yang menjadi juara, Menpora menyebutkan hadiah telah disediakan oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jateng.

"Namun, yang penting adalah ini semua percepatan untuk menyemangati mereka," katanya.

Ia mengatakan lomba 10K dan marathon merupakan seleksi alami yang dilakukan para atlet.

"Saya kira karena ini memang bukan event untuk meningkatkan peringkat, tetapi tentu ini sebagai pemanasan bagi mereka untuk bertanding di event yang lebih besar lagi," katanya.

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015