ACSG merupakan kompetisi olahraga para PNS (Pegawai Negeri Sipil) se-Asean yang untuk pertama kalinya digelar dan lokasi pertama di Kuala Lumpur, Malaysia,"
Bandung (ANTARA News) - Kontingen Indonesia bertolak ke Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu, untuk mengikuti gelaran The 1st Asean Civil Service Games (ACSG) 2015 pada 16-20 November 2015.

Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Jawa Barat Yudha M Saputra selaku Manajer Tim Bowling mengatakan Kontingen Indonesia mengikuti lima cabang olahraga yang diperlombakan yakni boling, golf, tenis meja, futsal dan bulu tangkis.

Keseluruhan tim yang akan bertanding adalah sebanyak 33 atlet putra, 12 atlet putri dan melibatkan 15 ofisial.

Mereka terdiri dari 21 PNS Pemprov Jabar, tiga PNS kementerian dan lembaga, tiga PNS dari pemprov lain (DKI, Jawa Tengah dan Jawa Timur), 28 PNS dari kabupaten/kota di Provinsi Jabar serta empat orang non-PNS untuk pelatih dan phsyoterapist.

"ACSG merupakan kompetisi olahraga para PNS (Pegawai Negeri Sipil) se-Asean yang untuk pertama kalinya digelar dan lokasi pertama di Kuala Lumpur, Malaysia," katanya.

Ia menjelaskan semuanya berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta dan rencananya akan diterima oleh Duta Besar Indonesia untuk Malaysia pada hari Minggu (15/11).

"Upacara Pembukaan akan dilaksanakan pada Selasa (17/11), namun pertandingan sudah dimulai dari Senin (16/11) untuk cabor badminton," katanya.

Agenda tim sehari sebelum pertandingan, kata Yudha, adalah pertemuan dengan Kedubes Indonesia untuk Malaysia dan aklimatisasi (penyesuaian), termasuk uji coba lapang.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat Dudi Sudrajat Abdurachim selaku Manajer Tim Tenis Meja mengatakan persiapan tiap tim cabor, khususnya Tim Tenis Meja, lancar.

"Sampai sekarang tim sehat dan untuk teknis serta administrasi lancar sampai sekarang. Untuk target kita menargetkan juara umum tapi belum mau sesumbar karena kita belum tahu petanya," kata dia.

Untuk tenis meja sendiri, kata Dudi, Kontingen Indonesia diperkuat oleh PNS yang masih aktif menjadi atlet.

"Pada bagian putra dan putri, kita diperkuat oleh atlet-atlet kelas internasional level olimpiade. Untuk putra PNS asal Jawa Timur dan Jawa Tengah, putri PNS dari pusat /kementerian," kata dia.

Oleh karena itu, pihaknya memohon doa dan dukungan dari masyarakat Indonesia untuk kelancaran dan agar dapat berbuat dengan maksimal dalam mempersembahkan kemenangan bagi bangsa.

ACSG merupakan kompetisi olahraga para PNS se-Asean yang digelar untuk menjalin silaturahmi, sekaligus kerja sama antarpegawai negeri, juga berbagai instansi pemerintahan di negara-negara Asean.

Pada partisipasi tahun ini, pemerintah pusat menunjuk Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mengirimkan kontingen mewakili Indonesia dengan menyertakan beberapa PNS dari provinsi lain.

Ke-10 negara tercatat menjadi peserta ACGS 2015 yakni Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam. 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015