Hari ini siswa kita minta untuk bakti sosial, agar kegiatan belajar mengajar besok dapat dilakukan
Bogor (ANTARA News) - SMA Negeri 8 Kota Bogor, Jawa Barat, tergenang air luapan kali Cibuluh setinggi hampir satu meter menyebabkan kegiatan belajar mengajar tidak dapat dilakukan, Senin.

"Hari ini siswa kita minta untuk bakti sosial, agar kegiatan belajar mengajar besok dapat dilakukan," kata Kepala Sekolah SMA Negeri 8 Kota Bogor, Atep Suherman.

Atep mengatakan banjir terjadi, Minggu (15/11) malam sekitar pukul 18.00 WIB, saat hujan melanda wilayah Bogor. Luapan Kali Cibuluh masuk ke dalam pekarangan sekolah melalui pintu gerbang yang posisinya lebih rendah.

Air setinggi paha orang dewasa menggenangi perkarangan dan 18 ruangan yang terdiri atas ruang kelas XI dan XII, ruang guru, ruang Tata Usaha, ruang kepala sekolah, ruang komite, dan masjid.

Genangan air merendam bangku dan meja belajar, karpet masjid serta buku latihan para siswa yang ada di ruang guru. Beruntung tidak ada dokumen penting yang rusak akibat banjir.

"Untungnya perpustakaan, ruang komputer dan laboratorium berada di lantai atas. Jadi aman, yang rusak hanya buku latihan sekolah yang disimpan di ruang guru," kata Atep.

Menurut Atep, ketinggian air akibat luapan Kali Cibuluh kali ini yang pertama paling tinggi. Genangan air juga kerap masuk ke sekolah ketika musim penghujan tetapi hanya sampai se mata kaki, dan tidak menghambat aktivitas sekolah.

"Memang kali ini banjirnya cukup parah, ketinggiannya hampir satu meter," kata Atep yang telah melaporkan kejadian tersebut kepada pihak kelurahan dan kecamatan serta Dinas Pendidikan Kota Bogor sehingga diharapkan ada tindak lanjut agar banjir serupa tidak terulang kembali.

SMA Negeri 8 memiliki 856 siswa terdiri atas kelas X, XI dan XII ketiganya memiliki sembilan rombongan belajar. Akibat banjir kegiatan belajar mengajar hari ini diganti menjadi bakti sosial untuk membersihkan sisa genangan air yang membawa material lumpur dan sampah.

Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman menyebutkan, hujan yang melanda wilayah Bogor pada hari Minggu kemarin telah menyebabkan sejumlah peristiwa mulai dari longsor, pohon tumbang dan juga banjir.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015