Jakarta (ANTARA News) - Film "A Copy of My Mind" karya sutradara Joko Anwar mendapat sambutan hangat saat diputar di beberapa festival film internasional Venice, Toronto dan Busan.

"September lalu tayang di Venice dapat sambutan luar biasa, dapat standing ovation, di Toronto dari lima kali screening sold out. Di Busan juga dapat sambutan hangat dan semua penayangan sold out," kata Joko dalam jumpa media di Jakarta, Senin.

"A Copy of My Mind" awalnya akan diputar di Indonesia pada pertengahan tahun ini, namun diundur karena persyaratan festival film internasional yang mengharuskan film untuk tayang perdana di sana.

"Tadinya mau rilis Agustus, keterima di Venice dan semua festival film internasional hanya mau menerima yang world premiere, tidak boleh ditayangkan dulu," imbuh sutradara 39 tahun itu.

"A Copy of My Mind" yang mendapatkan tujuh nominasi di Festival Film Indonesia 2015 akan tayang di Tanah Air pada Februari 2016.

Pengambilan gambar untuk film ini hanya berlangsung selama delapan hari pada Oktober 2014, bertepatan dengan proses pemilihan umum di Indonesia yang menjadi latar belakang cerita.

"Karena saya ingin membuat film ini sangat organik, saya ingin membuat time capsule Indonesia saat ini, jadi ingin natural dan realistik," ujar pembuat film "Kala", "Pintu Terlarang" dan "Modus Anomali" ini.

"A Copy of My Mind" bercerita tentang Sari (Tara Basro) yang bekerja di salon kecantikan di Jakarta yang bertemu dengan Alek (Chicco Jerikho) yang menjadi penerjemah DVD bajakan. Mereka kemudian saling jatuh cinta namun asmara mereka terancam berakhir tragis akibat situasi politik negara yang memanas.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015