...tugas advokat merupakan bagian dari dunia hukum yang mencakup kegiatan penyadaran, rasionalisasi, argumentasi serta rekomendasi tindak lanjut mengenai suatu hal atau kejadian dan terpenting membela kebenaran di tengah-tengah masyarakat."
Mataram (ANTARA News) - Sebanyak 60 advokat di Nusa Tenggara Barat dilantik oleh Ketua Pengadilan Tinggi Mataram, Dr Andriani Nurdin, Senin.

Pelaksanaan pengambilan sumpah advokat itu, berdasarkan surat permohonan Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) Nomor: 020/DPP-IKADIN/X/2015.

Ketua Pengadilan Tinggi Mataram, Dr Andriani Nurdin MH mengatakan, pelantikan ini merupakan kewenangan yang diberikan pemerintah pusat untuk para advokat di daerah tanpa melihat dari organisasi manapun dengan alasan kurangnya jumlah advokat di daerah.

"Kepada para advokat yang dilantik kami imbau untuk selalu amanah dan melaksanakan tugasnya mengingat tugas advokat merupakan bagian dari dunia hukum yang mencakup kegiatan penyadaran, rasionalisasi, argumentasi serta rekomendasi tindak lanjut mengenai suatu hal atau kejadian dan terpenting membela kebenaran di tengah-tengah masyarakat," katanya.

Selain itu, Andriani menuturkan, tugas advokat juga harus bisa ikut mengambil peran dalam mempertahankan citra peradilan tinggi sebagai penegak hukum dengan cara berpihak pada kebenaran.

Ketua Ikadin NTB yang diwakilkan Sekjen DPP Ikadin, H Zulkifli Nasution, mengatakan organisasi ini merupakan organisasi yang telah disahkan oleh Kementerian Hukum dan Ham yang dituntut profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai mana yang diucapkan dalam sumpah pelantikan.

"Anda adalah rekan-rekan saya, yang mana makna dari sumpah tersebut mengandung etika, nilai nilai pergaulan dan profesioanal dalam membantu penyelesaian persoalan hukum yang dihadapi masyarakat," katanya.

Wakil Gubernur NTB H Muhammad Amin yang hadir dalam pelantikan itu, berpesan kepada para advokat yang baru saja dilantik dan diambil sumpahnya agar berkontribusi dalam pembentukan dan perumusan perundang-undangan.

Dia mengimbau advokat berperan mengawal lahirnya regulasi-regulasi yang berpihak dan diperuntukkan bagi kesejahteraan masyarakat.

"Saya berharap program kerja yang telah disusun, dapat segera ditindaklanjuti, demi mendukung pembangunan di daerah," kata Muhammad Amin.

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015