Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan Konferensi Tingkat Tinggi Tahunan Forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik diharapkan dapat memperbaiki kondisi ekonomi di kawasan Asia Pasifik.

"Semua wilayah mengalami pelemahan ekonomi. Yang kita harapkan bagaimana kerja sama ini dapat memperbaiki produktivitas, bagaimana daya beli masyarakat, bagaimana memperluas pasar juga membangkitkan investasi," kata Wapres di Jakarta, Selasa.

Wapres berada di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta Timur untuk terbang ke Filipina menghadiri KTT APEC.

Menurut Wapres, tentunya dalam KTT APEC tersebut akan lebih banyak membicarakan masalah ekonomi, kerja sama ekonomi, peningkatan investasi dan perdagangan.

"APEC lebih banyak forum pembicaraan kerja sama ekonomi di Asia Pasifik," katanya.

Wapres menghadiri KTT APEC menggantikan Presiden Joko Widodo yang berhalangan hadir. Pertemuan tersebut biasanya dihadiri oleh masing-masing pemimpin dari 21 negara maupun entitas anggota.

KTT APEC 2015 akan memfokuskan perhatian terhadap aspek perkembangan produk-produk yang ramah lingkungan dan langsung terkait ke masyarakat.

Sementara itu, Pemerintah Filipina berkomitmen "meningkatkan keamanan" bagi para pemimpin dunia dalam Konferensi KTT APEC di Manila, pasca-tragedi serangkaian serangan bersenjata yang menewaskan ratusan orang di Paris, Prancis.

Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dijadwalkan untuk bergabung dengan pemimpin Tiongkok, Jepang, Australia, Kanada dan 15 negara lainnya dalam KTT APEC di Manila pada 18 dan 19 November 2015.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015