Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla dijadwalkan bertemu dengan Pimpinan Blackberry Kanada John Cen dalam rangkaian kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi Kerja sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Manila, Filipina.

Pertemuan bilateral antara Wapres Kalla dan John Cen berlangsung Kamis (19/11) di Hotel New World Manila.

Sebelum bertemu CEO Blackberry, Wapres menghadiri Pertemuan Tingkat Tinggi bidang Ekonomi bersama para pimpinan negara APEC lain dengan tema diskusi "Pertumbuhan Inklusif melalui Ekonomi yang Terintegrasi" dan "Komunitas yang Elastis dan Berkelanjutan".

Wapres juga akan bertemu dengan masyarakat Indonesia di Manila, Kamis malam pukul 19.30 waktu setempat, untuk berdialog mengenai beberapa isu terkini.

Wapres dijadwalkan tiba di Manila, Filipina, Selasa malam pukul 20.30 waktu setempat atau 19.30 WIB, untuk mengikuti rangkaian kegiatan KTT APEC. Kalla beserta rombongan diagendakan tiba kembali di Jakarta pada Jumat pagi (20/11).

Sebelum keberangkatannya ke Manila, Wapres mengatakan KTT APEC diharapkan dapat memperbaiki kondisi ekonomi di kawasan Asia Pasifik.

"Semua wilayah mengalami pelemahan ekonomi. Yang kita harapkan bagaimana kerja sama ini dapat memperbaiki produktivitas, bagaimana daya beli masyarakat, bagaimana memperluas pasar juga membangkitkan investasi," kata Wapres di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan dalam KTT APEC tersebut tentunya akan lebih banyak membicarakan masalah ekonomi, kerja sama ekonomi, peningkatan investasi dan perdagangan yang baik.

"APEC lebih banyak forum pembicaraan kerja sama ekonomi di Asia Pasifik," katanya.

Wapres menghadiri KTT APEC menggantikan Presiden Joko Widodo yang berhalangan hadir. Pertemuan tersebut biasanya dihadiri oleh masing-masing pemimpin dari 21 negara maupun entitas anggota. 

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015