Jakarta (ANTARA News) - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa bertemu dengan keluarga pahlawan Bung Tomo di Perumahan Cibubur dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan.

"Acara silaturahmi antara keluarga pahlawan dan veteran ini untuk meneruskan nilai-nilai kemerdekaan dari keluarga pahlawan," kata Mensos di Jakarta, Selasa.

Tahun lalu kegiatan yang sama dilaksanakan di kediaman Pahlawan Nasional John Lie di Jakarta Selatan.

Pada acara tersebut turut hadir Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat dan Karlina Umar Wirahadikusuma, istri mantan Wakil Presiden ke-4, Umar Wirahadikusumah, serta keluarga pahlawan dan perintis kemerdekaan lainnya.

Mensos pada kesempatan itu memberikan tali asih berupa bingkisan kepada keluarga para pahlawan sebagai bentuk kepedulian pemerintah dan penghormatan atas perjuangan para pahlawan.

Di tengah-tengah sambutannya, Mensos membacakan puisi Bung Tomo berjudul "Kepada Bangsaku".

"Puisi yang dibuat oleh Bung Tomo pada tahun 46 ternyata juga ruhnya adalah ruh religiusitas. Artinya bahwa di sila pertama Pancasila itu aspek religiusitas mestinya tetap kita jaga menjadi ruh perjuangan kita menjaga NKRI," kata Mensos.

Tunjangan

Setiap tahun sebanyak 86 keluarga Pahlawan Nasional mendapatkan tunjangan kehormatan sebesar Rp50 juta dari Kementerian Sosial.

Sementara sebanyak 747 orang janda perintis kemerdekaan juga mendapatkan tali asih sebesar Rp516 ribu per bulan.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015