Untuk pertumbuhan ekonomi 2015 perkiraan kami 4,7 persen-4,8 persen dibatas bawah proyeksi sebelumnya 4,7-5,1 persen,"
Jakarta (ANTARA News) - Bank Indonesia memperkirakan rata-rata pertumbuhan ekonomi sepanjang 2015 akan mencapai 4,7 persen-4,8 persen batas bawah perkiraan BI sebelumnya.

"Untuk pertumbuhan ekonomi 2015 perkiraan kami 4,7 persen-4,8 persen dibatas bawah proyeksi sebelumnya 4,7-5,1 persen," kata Gubernur BI Agus Martowardojo saat jumpa pers di Jakarta, Selasa.

Agus menuturkan, pertumbuhan ekonomi meningkat pada triwulan III 2015 dan diperkirakan akan terus meningkat pada triwulan IV 2015.

Pertumbuhan ekonomi triwulan III 2015 tercatat 4,73 persen (yoy), lebih tinggi dibandingkan dengan triwulan sebelumnya sebesar 4,67 persen (yoy).

Peningkatan terutama didorong oleh peran pemerintah yang lebih kuat, baik dalam bentuk konsumsi maupun investasi pemerintah.

"Hal ini sejalan dengan kemajuan proyek infrastruktur pemerintah yang signifikan sejalan dengan peningkatan penyerapan belanja modal pemerintah yang meningkat 38,8 persen sampai dengan Oktober 2015," kata Agus.

Selain itu, lanjutnya, konsumsi rumah tangga juga masih cukup kuat yang tercermin dari daya beli yang membaik.

Di sisi eksternal, masih rendahnya harga komoditas dan masih lemahnya pertumbuhan ekonomi negara mitra dagang, seperti Amerika Serikat, China, dan Singapura menyebabkan ekspor masih terkontraksi lebih dalam.

Secara spasial, perbaikan kondisi perekonomian terjadi di Jawa, sementara ekonomi Sumatera meski membaik namun masih relatif terbatas.

Di sisi lain, ekonomi KTI kembali tumbuh melambat dan Kalimantan bahkan mencatat pertumbuhan negatif untuk pertama kalinya dalam 10 tahun terakhir.

"Bank Indonesia memandang perbaikan ekonomi Indonesia akan terus berlanjut pada triwulan IV 2015 ditopang akselerasi pelaksanaan proyek infrastruktur Pemerintah," kata Agus.

Investasi swasta juga diharapkan meningkat sejalan dengan rangkaian paket kebijakan pemerintah, termasuk berbagai deregulasi yang mendukung iklim investasi.

"Secara keseluruhan tahun 2015, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan berada pada batas bawah kisaran 4,7-5,1 persen, dan akan meningkat pada kisaran 5,2-5,6 persen pada 2016," ujar Agus.

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015