Gianyar (ANTARA News) - Tim sepak bola Persipura Jayapura menang melalui adu penalti melawan Semen Padang dengan skor 7-5 pada turnamen Piala Jenderal Sudirman 2015 Grup B di Stadion Kapten Diptha, Gianyar, Bali, Selasa Malam.

Pada babak pertama pemain penyerang Semen Padang, Irsad Maulana berhasil mencetak gol pembuka untuk timnya pada menit ke-28 dan Yu Hyun Koo menit ke-37.

Namun, skor itu tidak bertahan lama, karena pemain tengah Persipura Jayapura Robertino Pugliara mampu membalasnya dan berhasil mencetak gol menit ke-39.

Pada babak kedua Persipura Jayapura berhasil membalas dan mencetak gol melalui tendangan melalui titik putih yang dieksekusi Ian Luis Kabes menit ke-87. Hingga wasit Najamudin Aspiran meniup peluit panjang berakhir skor tetap imbang 2-2.

Kemudian laga dilanjutkan dengan drama adu penalti, di mana lima penendang dari Persipura Jayapura yakni Bio Paulin, Lukas Welem, Ferinando Pahabol, Nelson Alom, Ia Luis Kabes berhasil mencetak hol kemenangan untuk timnya.

Sedangkan, tiga eksekutor dari tim Semen Padang yang berhasil mencetak gol dalam adu penalti itu yakni Hendra Adi Bayau, Nur Iskandar, Irsad Maulana. Sedangkan, satu pemain Semen Padang yang gagal melakukan eksekusi adu penalti itu yakni Rudi.

Dalam laga itu, wasit mengeluarkan tujuh kartu kuning yang diberikan kepada lima pemain Semen Padang yakni Jandia Eka menit ke-61, Irsad Maulana (64), Saepuloh Maulana (71), dan Rudi (88) dan Vendry Mofu (82).

Kemudian, dua kartu kuning didapat pemain Persipura Jayapura yakni Nelson Alom menit ke-41 dan Lim Jun Sik menit ke-92.

Dengan hasil tersebut perolehan klasemen sementara di Grub B ajang itu yakni, Persipura Jayapura diposisi pertama dengan raihan tiga poin, posisi kedua Bali United (2), posisi ketiga PSM Makasar (2), posisi keempat Semen Padang (1) dan posisi terakhir Mitra Kukar (1).

"Pertandingan hari ini sangat merugikan tim kami, karena seharusnya tidak ada pinalti. Namun, saya berfikir harus menerima itu," kata Pelatih Semen Padang Nil Maizar.

Menurut diam wasit yang memimpin laga itu merugikan tim Semen Padang, namun berharap ada keajaiban untuk pertandingan berikutnya. "Dalam laga berikutnya akan bermain habis-habisan," ujarnya.

Hal berbeda diungkapan Pelatih Persipura Jayapura Oswaldo Lessa mengaku timnya sudah mengalami kemajuan cukup baik dan kekompakan tim sudah ada peningkatan.

"Ke depannya tim akan bermain lebih baik lagi, sehingga meraih kemenangan berikutnya," katanya.

Pewarta: I Made Surya
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015