Kita membuka kantor BEI perwakilan di Jambi untuk memperkenalkan pasar modal dan investasi,"
Jambi (ANTARA News) - Bursa Efek Indonesia (BEI) membuka kantor perwakilan di Provinsi Jambi karena daerah itu punya potensi ekonomi yang besar bagi investor.

"Kita membuka kantor BEI perwakilan di Jambi untuk memperkenalkan pasar modal dan investasi," kata Direktur Penilaian Perusahaan BEI Syamsul Hidayat di Jambi, Selasa.

Syamsul mengatakan, setelah diresmikannya kantor BEI perwakilan Jambi (16/11), masyarakat lokal Jambi bisa menjadi investor dan memiliki saham, artinya bukan hanya untuk perusahaan saja. Karena menurutnya, berdasarkan komposisi kepemilikan saham di Indonesia sekitar 60 persen dimiliki oleh orang asing.

"Kami berharap setelah ada kantor BEI di Jambi ini akselerasi investor dan pemerhati pasar modal di Jambi akan bertambah," katanya.

Dia menjelaskan dengan adanya kantor perwakilan BEI di Jambi itu nantinya masyarakat dan investor bisa memiliki saham perusahaan yang tercatat di BEI.

"Kalau tidak ada kantor perwakilan BEI di Jambi, masyarakat akan sedikit kerepotan jika akan berinvestasi," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga mendorong dan membuka kesempatan bagi perusahaan kecil dan menengah di Jambi untuk masuk pasar modal. Pihaknya mencatat jumlah investor di Provinsi Jambi berjumlah 1.658 dan yang terbanyak ada di Kota Jambi yakni 1.331 investor.

"Kita juga akan mengedukasi investor untuk tidak berinvestasi sembarangan, sebab jika berinvestasi sembarangan akan menjadi resiko," katanya.

Dia mengungkapkan, saat ini BEI mempunyai 19 kantor perwakilan yang tersebar di seluruh Indonesia dan Provinsi Jambi merupakan Provinsi ke-18 yang terdapat kantor BEI.

"Selanjutnya kita juga akan membuka kantor perwakilan di Palembang dan Bengkulu," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pusat Didik Supriyadi mengatakan, OJK akan terus mendorong agar perusahaan baik asing, domestik dan perusahaan BUMN untuk memanfaatkan pasar modal.

"OJK membuka kesempatan seluasnya bagi investor domestik untuk menjadi pemegang saham perusahaan," kata Didik.

Menurut Didik, dengan adanya kantor BEI perwakilan Jambi itu diharapkan akan menambah jumlah investor di Provinsi Jambi.

"Kita sambut baik dan diharapkan adanya kantor BEI di Jambi ini bisa memberikan kontribusi perekonomian Jambi menjadi lebih baik," kata Didik.

Pewarta: Dodi Saputra
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015