Cianjur (ANTARA News) - Sejumlah artis ibukota mendatangi kandang ayam di Kampung Selakopi, Desa Babakan Caringin, Kecataman Karangtengah, Cianjur, Jabar, untuk melihat kehidupan satu keluarga dengan sembilan orang anak yang tinggal di dalamnya.

Rombongan yang dipimpin Elma Theana dan Dian Wisdianawati serta sejumlah artis nasional lainnya tidak dapat berkata-kata ketika masuk ke dalam kandang ayam berukuran 7X15 meter tempat tinggal keluarga Asep Sutandar sejak tujuh tahun terakhir.

Elma yang kerap berperan dalam sejumlah film dan sinteron tahun 90-an itu, tampak meneteskan air mata ketika mendapat penjelasan dari Asep dan istrinya selama tinggal di dalam kandang ayam tersebut. Bahkan tiga orang anaknya lahir dan besar di dalam kandang ayam milik majikannya itu.

"Kami hanya mendapat cerita dari media kalau ada satu keluarga yang tinggal di dalam kandang ayam tanpa kasur atau alas tidur yang layak. Kami langsung mengalang dana bersama puluhan artis lainnya dan langsung ke Cianjur," katanya sambil mengucap air matanya yang keluar.

Dia tidak menyangka dengan jarak yang hanya beberapa kilometer dari pusat kabupaten masih ada warga yang tidak mendapat perhatian dari pemerintah dan warga sekitar. Sehingga pihaknya berharap kedatangan mereka ke kandang ayam tersebut, dapat membuka mata dan hati pemerintah daerah serta warga sekitar untuk peduli terhadap sesama.

"Kami perwakilan dari Gerakan Wanita Nusantara dan kebetulan kami juga konsen pada kegiatan sosial dan membangun kepedulian masyarakat. Ketika mendapat kabar ini, kami langsung datang untuk melihat langsung ke sini dan benar saja ini sangat ironis kalau rumah bupatinya bersebelahan desa," katanya.

Dalam kunjungan para artis yang didampingi ibu Bhayangkari Polres Cianjur, memberikan bantuan berupa modal usaha, baju, perlengkapan tidur agar keluarga Asep tidak kedinginan ketika malam atau hujan turun.

"Kami tidak dapat membayangkan bagaiman rasanya harus menjalani hidup serba terbatas dan tinggal di kandang ayam yang kotor dan bau. Sedangkan keluarga miskin tersebut sudah bertahun-tahun hidup dalam himpitan kemiskinan. Ini harus menjadi perhatian semua pihak tidak hanya pemerintah, tapi seluruh warga sekitar," katanya.

Sementara itu, Bhayangkari Polres Cianjur turut memberikan bantuan berupa tiga buah kasur dan perlengkapan rumah tangga lainnya.

Sedangkan Polres Cianjur dan Kodim 0608 Cianjur, bahu-membahu membangunkan rumah serta membantu pendidikan serta memenuhi kebutuhan hidup lainnya.

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015