Kiev (ANTARA News) - Bank Dunia pada Kamis menandatangani perjanjian pinjaman senilai 560 juta dolar AS dengan pemerintah Ukraina untuk membiayai proyek pengembangan jaringan jalan raya Ukraina.

Menurut pernyataan yang dimuat di situs Kementerian Infrastruktur Ukraina, kredit tersebut akan digunakan untuk membiayai perbaikan jalan raya yang menghubungkan kota Kharkiv di timur Ukraina dengan kota Poltava di bagian tengah negara itu, lapor Xinhua.

Perbaikan jalan, yang direncanakan akan selesai dalam waktu lima tahun, akan mengurangi waktu perjalanan antara kedua kota itu sepertiganya dan mengurangi separuh jumlah kecelakaan lalu lintas di jalan raya, kata pernyataan itu.

Selain itu, dana kredit akan digunakan untuk memperbaiki kondisi jalan raya sepanjang sekitar 840 kilometer di seluruh negeri itu, katanya.

Menurut otoritas lalu lintas Ukraina, negara Eropa Timur itu memiliki sekitar 170.000 kilometer jalan, dengan setengah dari mereka membutuhkan pembaharuan besar.

Kondisi jalan yang buruk adalah salah satu alasan utama di balik kecelakaan lalu lintas yang sering terjadi di Ukraina, yang diperkirakan merugikan negara antara tiga persen hingga empat persen dari produk domestik bruto per tahun.
(T.A026)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015