Meulaboh, Aceh Barat (ANTARA News) - Universitas Teuku Umar mengukuhkan jajaran pengurus Pusat Studi Sosial dan Pembangunan, sebuah lembaga penelitian yang bertujuan untuk memberdayakan dan menjembatani perkembangan masyarakat di Meulaboh pada khususnya dan Aceh Barat pada umumnya.

Pengukuhan tersebut dilakukan oleh Rektor UTU Jasman J. Ma'ruf dengan disaksikan Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah serta Bupati Aceh Barat Teuku Alaidinsyah di kampus UTU, Meulaboh, Aceh Barat, Jumat.

"UTU memang lokasinya berada di Meulaboh, tapi harus memberi manfaat untuk Indonesia secara keseluruhan. Semoga dengan kehadiran PSSP ini UTU bisa menjadi kampus percontohan di ujung Barat Indonseia," kata Jasman dalam kata sambutannya.

Sementara itu Fahri berpesan agar melalui kehadiran PSSP, UTU kian bisa mengamalkan tridarma universitas terutama untuk pengabdian kepada masyarakat.

"PSSP ini harus menjelma menjadi unit-unit dinamis dalam universitas untuk mendekatkan diri kepada masyarakat sebagaimana amanat tridarma. PSSP ini menjadi bagian dari wujud upaya para akademisi untuk mengembangkan pusat-pusat penelitian guna membaca dinamika masyarakat secara baik, sembari merumuskan solusinya saat dirasa perlu," kata Fahri.

PSSP UTU dibentuk melalui Surat Keputusan Rektor UTU Nomor 518 Tahun 2015 dengan Fuad Hadi menjabat sebagai Direktur Eksekutif dengan sedikitnya 13 bidang fokus kajian.

Bidang-bidang tersebut meliputi Hukum dan Hak Asasi Manusia, Perlindungan dan Pembinaan Karakter Anak, Agraria dan Tata Ruang, Pembangunan Sosial Politik, Pembangunan Kesehatan Masyarakat, Pembangunan Ekonomi dan Fiskal, Pembangunan Perikanan dan Kelautan, Pembangunan Pertanian dan Lingkungan Hidup, Perencanaan Pembangunan, Pengkajian dan Penelitian, Advokasi dan Konsultasi Hukum, Hubungan Internasional serta Pengembangan Literasi Masyarakat.

"Kami bersama-sama dengan rektorat berharap bisa mewujudkan ambisi menjadikan UTU sebagai ikon pendidikan di kawasan Barat Selatan Aceh," kata Direks PSSP UTU, Fuad Hadi.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015