Los Angeles (ANTARA News) - Pembuat film Amerika Serikat (AS), Michael Moore, membuka rumahnya di Michigan untuk para pengungsi Suriah sebagai reaksi terhadap gubernur yang menyatakan akan menolak para pengungsi memasuki negara bagian setelah serangan Paris.

Dalam surat terbuka yang ditulis di halaman Facebook pada Jumat (20/11), Moore yang dikenal sebagai aktivis politik kiri mengecam keputusan Gubernur Rick Snyder dan menyebut keputusannya sebagai perilaku "anti-Amerika."

"Tindakan Anda bukan hanya tercela, itu, seperti yang Anda tahu, inkonstitusional (hanya Presiden yang punya hak untuk memutuskan hal-hal seperti ini)," tulis Moore.

Dia menyatakan kecewa dengan tindakan Gubernur Snyder bergabung dengan sedikitnya 25 gubernur lain, kebanyakan dari Partai Republik, yang memutuskan menghalangi para pengungsi legal masuk ke negara bagian mereka.

Dia mengatakan berencana "menentang" larangan Snyder dan akan menghubungi Departemen Dalam Negeri Amerika Serikat untuk menawarkan rumahnya di Traverse City, bagian utara Michigan, untuk para pengungsi Suriah.

Moore juga mendorong warga Amerika lain mengikuti langkahnya.

Pembuat film yang dikenal karena menyutradarai dokumenter seperti "Bowling for Columbine" dan "Fahrenheit 9/11" itu merupakan warga asli Michigan.

Film terkininya, "Where to Invade Next," akan tayang di bioskop Desember.

Di dalamnya dia berperan sebagai seorang pria yang "menyerbu" negara-negara lain untuk mencuri ide-ide terbaik mereka, demikian seperti dilansir kantor berita AFP.


Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015