Kuala Lumpur (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan India sebagai mitra kerja sama di bidang maritim bagi negara-negara ASEAN.

Presiden Jokowi menyampaikan penghargaan atas komitmen India kepada ASEAN melalui Act-East Policy pada KTT ke-13 ASEAN-India yang dilaksanakan di Convention Hall 1 Kuala Lumpur Convention Center, Sabtu.

Pada kesempatan itu, Presiden menyampaikan observasi terhadap dua isu utama yang harus dijalankan.

Pertama, menurut Presiden, India merupakan mitra kerja sama maritim. "Kerja sama ASEAN-India di bidang maritim akan memberikan kontribusi terhadap keamanan kawasan," kata Presiden.

Presiden Jokowi juga mengharapkan dukungan India atas rancangan East Asia Summit (EAS) Statement on Enhancing Regional Maritim Cooperation yang diprakarsai Indonesia, untuk disepakati pada KTT ke-10 Asia Timur.

Dan sebagai Ketua IORA 2015-2017, kata Presiden, Indonesia ingin memastikan bahwa kerja sama maritim termasuk keamanan maritim dapat tercapai.

Isu kedua yang diobservasi Indonesia adalah terkait peningkatan kerja sama ekonomi. Dalam hal ini, Presiden menegaskan pentingnya keterlibatan UMKM.

"Kerja sama di bidang IT dan pengembangan obat-obatan disarankan untuk diarusutamakan," katanya.

Di samping itu, target perdagangan 200 miliar dolar AS diupayakan terpenuhi pada 2020.

Pewarta: Agus Salim
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015