Jakarta (ANTARA News) - Pemrakarsa mosi tidak percaya terhadap Ketua DPR Setya Novanto mulai menggalang dukungan dengan mengumpulkan tanda tangan anggota dewan.

"Mulai hari ini, kita akan minta tanda tangan. Kami menargetkan, minimal separuh dari anggota DPR RI. Goal mosi ini untuk mengirim pesan kepada Ketua DPR bahwa dia sudah tidak dipercaya," kata salah satu pemrakarsa, Taufiqulhadi, di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Senin.

"Kalau dia tidak dipercaya, kan harusnya dia mengundurkan diri. Kalau anggota tidak percaya lagi kepada ketuanya. Kalau Novanto tetap memaksakan diri menjadi Ketua DPR, maka kinerja dewan tidak efektif lagi. Akan kelihatan lucu dan memalukan," kata politisi Partai NasDem itu.

Ia mengaku khawatir jika Setya Novanto tetap memimpin DPR maka dia akan menggunakan kekuasaan untuk kepentingan pribadi lagi.

"Bagaimana kita bekerja, kita khawatir dengan jumlah 560 orang ini hanya untuk menjadi kekuatan tawar menawar dari pimpinan DPR, yang digunakan ke sana kemari, untuk mencari muka. Kita khawatir, kita digunakan dia untuk kepentingan dia," katanya.

"Saya optimis, masih banyak anggota DPR yang memiliki akal sehat," demikian Taufiqulhadi.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015