GUANGZHOU, Tiongkok, 23 November 2015 (Antara/PRNewswire) -- Ditutup pada tanggal 4 November, salah satu pameran perdagangan terbesar di Tiongkok, Canton Fair ke-118, mengalami penurunan dari sisi pembeli serta stagnansi pertumbuhan di sejumlah kategori. Tahun ini, event ini dihadiri oleh 177,544 pembeli dari 213 negara/wilayah - penurunan 4,6% dibandingkan tahun lalu. Meskipun begitu, walau fluktuasi mata uang terus membayangi perekonomian di seluruh dunia, tren positif tetap ditunjukan di event ini melalui kenaikan penjualan pada beberapa produk kunci. Hal ini pun tak lain didukung oleh banyaknya negara pembeli yang meningkatkan jumlah kunjungan ke event ini.

 

Menurut pihak penyelenggara, pada tiga hari pertama penyelenggaraan event ini, tingkat penjualan ternyata melampaui ekspektasi banyak eksponen Tiongkok, dimana produk peralatan rumah tangga, perangkat komputer dan komunikasi mengalami kenaikan YoY dalam jumlah kontrak yang disegel. Selain itu, sejumlah sektor juga mengalami tren positif, yaitu produk mekanik dan energi baru.

 

Industri peralatan rumah tangga Tiongkok, yang didukung oleh berbagai produk pintar dan otomasi canggih, menjadi sektor dengan tingkat pembelian tertinggi. Omset industri ini di sesi pertama mengalami peningkatan YoY hampir 10%, dipimpin oleh sejumlah perusahaan lokal seperti Haier, Midea, Hisense, dan Galanz yang masing-masing berhasil meraup penjualan mencapai 100 juta dolar AS.

 

Tak dipungkiri lagi, nominal tersebut mengilustrasikan semakin meningkatnya kompetivitas inti industri peralatan rumah tangga Tiongkok. Hisense, sebagai contoh, kini telah mengantongi lebih dari 170 hak paten untuk seluruh produk televisi pintarnya.

 

Seperti banyak perusahaan Tiongkok pada umumnya yang berpartisipasi di Canton Fair, Hisense kini berfokus pada pengembangan daya saing di panggung internasional melalui inovasi, branding, kualitas, layanan, dan kesadaran terhadap lingkungan yang ditingkatkan.Paviliun Internasional juga meraup kesuksesan yang cukup signifikan dengan berhasil menyedot hingga 90.000 pengunjung di tanggal 3 November saja. Diikuti oleh 600 perusahaan dari 40 negara, segmen ini menglami peningkatan dalam hal jumlah eksponen dan keberagaman produk dibandingkan Canton Fair pada seri-seri terdahulu. Banyak merek internasional yang turut memamerkan produk dan solusi mereka, hingga mengundang sejumlah perusahaan terkemuka asal Tiongkok, seperti Suning dan Vanguard, untuk bekerjasama. 

 

Tak lupa, event ini pun berpartisipasi di dalam mempromosikan inisiatif "Jalur Sutra Modern". Hal ini dapat dilihat dari tingginya volume pembeli dari negara-negara di sepanjang Jalur Sutra Modern, seperti dari Asia Selatan, Arab Saudi, dan Vietnam, serta Thailand (400%), Sri Lanka (103%), Serbia (97%), Hogaria (44%), dan Yordania (38%).

 

Untuk informasi lebih lanjut: http://www.cantonfair.org.cn/en/index.asp

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2015