Los Angeles (ANTARA News) - Album baru penyanyi Inggris Adele "25" mencetak rekor dengan penjualan 2,3 juta kopi di Amerika Serikat dalam tiga hari pertama peluncurannya, kata Nielsen Music, Senin (23/11).

Penjualan dalam jumlah sangat besar pada tiga hari pertama itu menjadi penanda Adele akan memecahkan rekor penjualan pekan pertama yang sekarang masih dipegang boy band NSync dengan album "No Strings Attached" yang pada tahun 2000 terjual 2,4 juta kopi pada pekan pertama peluncurannya.

Label rekaman independen Inggris tempat Adele bernaung, XL Recordings, pekan lalu memutuskan menahan "25" dari platform pemutaran daring seperti Apple Music, Spotify dan Google Play.

Penjualan kuat tiga hari pertama mengindikasikan kurangnya ketersediaan album dalam platform pemutaran daring tak banyak mempengaruhi penjualan album yang diluncurkan Jumat, yang merupakan album pertama Adele sejak peluncuran album "21" tahun 2011, yang memenangi enam Grammy dan terjual 30 juta kopi lebih di seluruh dunia.

Album "25" mengumpulkan lebih dari 900.000 unit penjualan di iTunes Amerika Serikat pada hari pertamanya menurut Billboard.

Kesuksesan album yang dinantikan banyak orang itu dipicu oleh keberhasilan single balada "Hello", yang meluncur bulan lalu dan sudah terjual 2,5 juta kopi digital.

Lagu itu menjadi No. 1 di tangga Lagu Digital Billboard selama empat pekan berturut-turut, demikian seperti dilansir kantor berita Reuters.

Penerjemah: Maryati
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015